detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 22 Mar 2021 17:45 WIB

Dewa Kipas Kalah dari GM Irene, 'Levelnya RT, RW, atau di Atas Itu?'

Yanu Arifin - detikSport
catur dewa kipas irene kharisma sukandar dadang subur Dewa Kipas (kanan) saat beradu catur dengan WGM Irene Kharisma Sukandar. (Foto: Screenshot Podcast Deddy Corbuzier)
Jakarta -

Dewa Kipas alias Dadang Subur kalah telak dari Women Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar. Jadi, levelnya di kelas RT atau RW?

Pertandingan catur antara Dewa Kipas vs WGM Irene digelar secara langsung di podcast Deddy Corbuzier, Senin (22/3/2021), setelah menjadi polemik beberapa pekan sebelumnya. Pertandingan dimenangkan oleh WGM Irene.

Dari tiga ronde pertandingan dengan masing-masing waktu 10 menit, Dewa Kipas kalah tiga kali beruntun. Babak keempat pun dilewatkan pria asal Bandung itu karena menyerah.

Duel Dewa Kipas vs WGM Irene sendiri dikomentatori langsung oleh Grand Master Susanto Megantoro dan Women International Master Chelsie Monica. Usai duel, keduanya memberikan penilaian.

Kalau secara level, Irene jelas lebih di atas. Tapi kalau secara rating, tidak bisa juga jadi patokan. Misalnya kaya saya, yang 2500, tapi bisa saja saya kalah sama yang 2300, bisa kalah. Kalau saya nilai, sekitar rating, ya sekitar di 2100," kata GM Susanto di Podcast Deddy.

"Kalau kelas ronda gak juga sih, di atas itu. Secara permainan lumayan, ya lumayan, tapi tidak cukup untuk melawan Irene. Tidak cukup bangetlah kalau lawan irene, terlalu jauh, masih jauh," kata GM Susanto.

Sementara penilaian senada juga dilontarkan Chelsie. Ia menilai, Pak Dadang alias Dewa Kipas juga bisa untuk sekadar bermain, tapi punya level yang jauh dengan Irene.

"Kurang lebih sama sih. Maksudnya Pak Dadang memang bisa main, main catur. Cuma, ya, memang kita tahu Kak Irene kan memang Women Grand Master yang kuat, levelnya juga di atas Pak Dadang," kata Chelsie.

"Maksudnya bisa main, bisa mengimbangi dari opening. Karena misalnya yang tidak bisa main, dari opening saja biasanya sudah langsung kena, entah perwiranya atau yang lain. Tadi opening-nya sempat lolos, cuma babak tengah saja ada kesalahan, ya itu," kata Chelsie.

Deddy Corbuzier kemudian berseloroh, "Levelnya kira-kira, RT, RW? Atau di atas itu?"

"Gak lah (RT/RW). Di atas itu," kata Chelsie, sambil tertawa.

Kalau menurut detikers bagaimana, Dewa Kipas levelnya RT, RW, atau di atas itu?

Simak video 'Pengakuan Blunder Dewa Kipas di Balik Kekalahannya':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com