detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 30 Mar 2021 18:20 WIB

Kompetisi Proliga 2021 Resmi Ditiadakan

Mercy Raya - detikSport
Proliga 2020 Ilustrasi Proliga (Arbi Anugrah/detikSport)
Jakarta -

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) akhirnya secara resmi meniadakan kompetisi Proliga 2021. Tidak ada sponsor menjadi penyebabnya.

Kompetisi Proliga sempat direncanakan berlangsung Juli atau Agustus mendatang. Mereka masih menunggu kepastian sponsor dan COVID-19 mereda hingga April 2021.

Memasuki caturwulan ternyata sponsor tak kunjung ada. Alhasil, PBVSI memutuskan untuk meniadakannya tahun ini dan mengalihkan fokus untuk persiapan Proliga tahun depan.

Keputusan peniadaan pelaksanaan liga tahun 2021 itu tertuang dalam surat resmi PP PBVSI bernomor 032/PP/PBVSI/III/2021 yang ditujukan kepada tim manajer klub/PBV peserta Proliga.

"Bersama ini kami selaku penyelenggara kompetisi bola voli Proliga 2021 menyampaikan bahwa sampai saat ini kami belum mendapatkan konfirmasi kerja sama dengan pihak sponsor Proliga 2021," bunyi surat pemberitahuan per tanggal 29 Maret tersebut.

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini disampaikan bahwa penyelenggaraan kompetisi bola voli Proliga 2021 kami putuskan tidak diselenggarakan. Kepada para peserta klub Proliga kami mohon dapat memahami dan memaklumi keputusan ini."

Ketika dikonfirmasi, Direktur Proliga Hanny S. Surkatty membenarkan adanya surat pemberitahuan tersebut.

"Iya benar, itu suratnya dari PP PBVSI. Karena situasi dan kondisi kami tidak mau memaksakan diri, jadi lebih baik fokus ke Proliga 2022," kata Hanny kepada detikSport, Selasa (30/3/2021).

Menurut Ketua III bidang Kompetisi dan Pertandingan PBVSI tersebut, keputusan yang diambil pengurus untuk meniadakan Proliga 2021 sudah tepat. Apalagi ke depan akan ada multiajang dua tahunan SEA Games di Vietnam.

"Kita harus bisa mempertahankan emas SEA Games dan ada PON (Pekan Olahraga Nasional (PON) juga. Kalau dipaksakan juga tak maksimal mutunya dan Agustus juga Timnas sudah harus mengikuti Kejuaraan Asia, jadi (keputusan) tepat," dia menegaskan.

Sementara itu, untuk kompetisi tahun depan, PBVSI memutuskan untuk menyelenggarakan pada Januari sampai Maret 2022.

Lihat juga Video: Kilap Aprilia Manganang, Eks Pevoli Putri yang Dinyatakan Laki-laki

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com