detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 19 Apr 2021 23:03 WIB

Balap Virtual Ramadan Dihelat Lagi, Ini Pemenang Seri Pertama

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Balap Virtual Ramadan Balap Indonesia dihelat lagi tahun ini. Seri pertama dibuka, Minggu (18/4/2021) malam WIB Ada Ramadan Balap Indonesia di bulan Puasa tahun ini (dok.RBI)
Jakarta -

Ajang balap virtual, Ramadan Balapan Indonesia (RBI), kembali dihelat tahun ini. Seri pertama sudah selesai dihelat, siapa pemenangnya?

Setelah sukses diikuti 73 peserta tahun lalu, tim Balap di Rumah kembali menyelenggarakan RBI tahun ini. Penyelenggara Balap di Rumah masih dikomandoi pereli kawakan Rizal Sungkar yang bertujuan menghibur para pecinta SIM racing di Tanah Air saat menjalani ibadah Puasa Ramadan.

Mengusung kesuksesan tahun lalu, platform permainan yang digunakan masih sama yaitu Assetto Corsa di platform PC. Sejak pendaftaran dibuka 13 April, ada lebih dari 200 peserta baik pro driver ataupun sim racer bergabung dalam event ini.

Nama-nama terkenal seperti pembalap dan pereli Rizal Sungkar, pembalap FIA Silver Grade Rama Danindro, pembalap Toyota Team Indonesia Demas Agil, pegokart Daffa AB, juara F4 Presley Martono, pembalap kawakan Satrio Hermanto, Zahir Ali, hingga Ryan Haryanto yang adalah kakak kandung eks pebalap F1 Ryo Haryanto.

Sementara para Sim Racer top yang ikut adalah Jaka Siswoyo, Arwin Taruna, Attaya Kenzie, M Pratama, dan Fickry Segeir.

Ada juga beberapa pebalap negara tetangga di Asia Tenggara turut hadir, seperti pegokar asal Singapura Dillan Tan, lalu virtual drifter asal Thailand Thanatip Thanalapanan membuat balapan ini makin panas.

Kemudian, 60 pembalap ini akan dibagi menjadi 3 grup, yakni grup A, B, dan C sesuai dengan peringkat mereka. Para pembalap juga kemudian akan membuat tim mereka masing-masing untuk memperebutkan hadiah kejuaraan tim dengan komposisi tim harus terdiri dari pembalap di kelas A, B, dan C.

Adapun jadwal Ramadhan Balap Indonesia 2021 adalah Pre-kualifikasi akan diadakan pada 13 sampai 15 April di sirkuit Brands Hatch Indy untuk menentukan 60 pembalap yang akan masuk ke babak utama.

Akan ada 20 pebalap yang akan masuk di "rookie class" dan kualifikasi untuk kelas ini akan dibuka setiap minggunya di hari Rabu.

Pada seri pertama yang dihelat, Minggu (18/4/2021) malam WIB kemarin, ada empat kelas yang diperlombakan. Balapan berlangsung seru ketat, termasuk Rookie Class yang ternyata kemampuan pesertanya bukan di level pemula.

Untuk kelas Rookie ini dimenangkan oleh Galih Sukardi. Sedangkan Carlos Maxphiliano menjuarai Grup C. Grup B direbut Andreas Yudistira sementara Grup C jadi mili Fickry Sergei yang bersaing ketat dengan Daffa AB yang harus puas jadi runner up.

Seri kedua dihelat 25 April di sirkuit Laguna Seca, lalu Seri Ketiga pada 1 Mei di sirkuit Vallelunga GP, dan ditutup Seri Keempat pada 8 Mei di sirkuit Nuerburgring Sprint.

Keseruan ajang RBI 2021 akan disiarkan langsung lewat akun YouTube Balap di Rumah. Bagi yang tertarik untuk mengetahui info lebih detail serta pendaftaran dapat menghubungi akun instagram @balapdirumah.

(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com