Jamin Keamanan Papua, PB PON Gunakan Drone Canggih

Mercy Raya - Sport
Kamis, 29 Apr 2021 21:20 WIB
Penampakan Megahnya Istora Papua
Jamin Keamanan Papua, PB PON Gunakan Drone Canggih (Dok. PT PP (Persero))
Jakarta -

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memastikan keamanan di multievent nasional Papua berlangsung aman. Mereka menyiapkan fasilitas canggih untuk itu.

PON XX tahun 2021 dihelat di Papua mulai 2 sampai 13 Oktober 2021. Multievent nasional empat tahunan itu berlangsung di empat klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Panitia sendiri terus melakukan persiapan hingga hari pelaksanaan, termasuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan keamanan. Keamanan menjadi isu di Bumi Cendrawasih usai terjadi konflik bersenjata antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua dengan TNI Polri.

"Saya mau tekankan pengamanan kita dilengkapi dengan teknologi canggih untuk PON ini," kata Ketua II PB PON Papua Roi Letlora dalam jumpa persnya di Hotel Mulia, Senayan, Kamis (28/4/2021).

"Kami akan memakai drone yang disediakan oleh PB PON untuk pengamanan. Drone ini sebenarnya peralatan militer, kita bantu untuk tim pengamanan kita," ujarnya.

Menurut Roi, drone ini memiliki kualitas yang mumpuni. Alat tersebut diyakini bisa mendeteksi sensor wajah di atas 3 km dari venue.

"Jadi walaupun ada kerumunan tapi wajah bisa terdeteksi. Kalau orang yang black list atau sedang dicari itu pengamanan sudah punya dan datanya sudah dimasukkan. Dan kerumumann pun akan terdeteksi dengan mudah, itu salah satu yang dukungankita kepada tim pengamanan," dia menjelaskan.

Dia juga menyebut, drone tersebut bisa meng-cover seluruh area klaster karena besarannya yang menyerupai pesawat. "Jadi cover areanya sangat luas dan akan kami pasang di setiap klaster. Untuk (kabupaten) Jayapura dan kota itu satu (drone) karena relatif dekat. Tapi untuk kabupaten Merauke dan Mimika masing-masing satu," Roi mengungkapkan.

Selain menggunakan drone, PB PON juga memasang CCTV yang cukup banyak di setiap masing-masing venue. Jumlahnya mengikuti besar dari area venue yang ingin dijangkau.

"Saya juga mau sampaikan bahwa dari bidang SDM pengamanan, kita merekrut seluruh anak muda di Papua untuk menjaga keamanan di sana. Jadi keamanan sifatnya persuasif. Jadi konsep kekeluargaan yang kami terapkan," ujarnya.

Lihat juga video 'Jokowi Tegaskan PON XX di Papua Tetap Dilaksanakan 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)