Zohri & Sapwa Minta Maaf Belum Maksimal di Test Event Olimpiade

Mercy Raya - Sport
Senin, 10 Mei 2021 14:15 WIB
Lalu Muhammad Zohri
Lalu Muhammad Zohri. (Foto: dok PB PASI)
Jakarta -

Dua atlet atletik Indonesia, Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahman, belum mampu maksimal di test event Olimpiade Tokyo 2020. Mereka minta maaf.

Pada lomba bertajuk 'Ready Steady Tokyo-Athletics Continental Tour Gold-Tokyo' yang dihelat di National Stadium (Olympic Stadium), Minggu (9/5/2021), keduanya sama-sama lolos final. Tapi Zohri dan Sapwa belum bisa melewati, bahkan menyamai, catatan terbaik mereka.

Zohri, yang tampil di nomor lomba lari 100 meter putra, hanya mampu mencatatkan waktu 10,45 detik pada babak final. Hasil itu menempatkan dia di posisi ketujuh dari delapan pelari-pelari dunia. Sebelumnya, di babak pertama, ia berhasil membukukan waktu 10,34 detik. Dari target yang dipasang, Zohri ingin berlari di bawah 10 detik.

Sementara Sapwa, yang tampil di nomor lompat jauh putra, hanya mampu mencatatkan lompatan terjauhnya 7,22 meter. Lompatan ini membuat dia berada di posisi delapan di babak final.

Padahal, Sapwa sejatinya hanya butuh setengah jengkal dari catatan terbaiknya 8,09 meter untuk bisa lolos limit kualifikasi Olimpiade 8,20 meter. Namun, gagal tercapai.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung saya dan yang telah mendoakan saya. Sekali lagi terima kasih banyak. Di sini saya mau minta maaf karena belum bisa memberikan yang terbaik buat Indonesia di kejuaraan test event ini," kata Zohri dalam video yang dirilis PB PASI.

"Harapan saya semoga di kejuaraan selanjutnya bisa lebih maksimal, bisa lebih baik, dan memberikan yang terbaik," ujarnya.

Di sisi lain, pelari asal Lombok itu mengaku senang lantaran bisa berlari satu lintasan bersama idolanya, Justin Gatlin. Di test event Olimpiade, Gatlin berada di beringkat pertama usai membukukan waktu 10,24 detik.

"Semoga ke depannya bisa bersaing ketat dengan dia dan harapan saya bisa mengalahkan dia ke depannya. Doakan ya," Zohri mengharapkan.

Hal serupa diungkapkan Sapwaturrahman. Peraih medali perunggu Asian Games 2018 ini juga meminta maaf karena belum bisa mencapai hasil terbaik di test event Olimpiade Tokyo.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doanya. Saya juga ingin mengucapkan mohon maaf yang sebesarnya atas kekurangan," kata Sapwa, dalam video terpisah.

"Inilah hasil yang telah kami berikan dan maksimal bersama Lalu Zohri. Apapun yang menjadi kendala, ke depan kami akan perbaiki terus supaya ke depannya bisa lebih baik. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan doanya," ujar Sapwa.

(mcy/krs)