Wakili Jokowi, Menpora Takziah ke Rumah Duka Markis Kido

Jihaan Khoirunnisaa - Sport
Rabu, 16 Jun 2021 14:47 WIB
Zainudin Amali
Foto: Kemenpora
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali melakukan takziah ke rumah mantan pebulutangkis nasional, Markis Kido di Grand Wisata Cluster Water Garden, Tambun Selatan, Bekasi pagi tadi. Ia mewakili Presiden Joko Widodo yang juga menyampaikan duka cita atas wafatnya Markis Kido.

Zainudin didampingi Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi, Chandra Bhakti, Zainudin tiba di rumah duka sekitar pukul 10.40 WIB, dan disambut oleh keluarga almarhum, yakni ibunda Markis Kido, Yul Asteria Zakaria, istri Richa Sari Pawestri, dan kedua adiknya yakni Bona Septano dan Pia Zebadiah.

"Saya ingin menyampaikan rasa duka yang mendalam dari pemerintah dan juga saya ingin menyampaikan salam sekaligus salam duka dari Bapak Presiden, Pak Jokowi. Beliau menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021).


Zainudin mengenang perjuangan Markis Kido selama hidupnya untuk bangsa Indonesia. Menurutnya, almarhum Markis Kido berhasil mengharumkan nama bangsa lewat raihan medali emas pada Olimpiade Beijing 2008 di Beijing, Tiongkok.

"Saya kira itu satu prestasi yang luar biasa. Karena itu, sekali lagi pemerintah sangat berterima kasih kepada pengabdian almarhum," ujarnya.

Zainudin menilai, kepergian Markis Kido menyisakan duka mendalam bagi masyarakat. Sebab, selain berprestasi almarhum juga dikenal sebagai sosok yang baik. Dia pun berdoa agar almarhum ditempatkan dengan mulia di sisi Allah SWT.

"Tentu kita semua bersaksi bahwa almarhum ini orang baik ya. Semoga kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan semasa almarhum hidup ini akan melapangkan dan juga membuat perjalanan di alam kuburnya menjadi baik," tuturnya.

Dia berharap sosok Markis Kido bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi untuk para atlet muda agar dapat terus semangat dalam menorehkan prestasi di kancah internasional.


"Jadi saya berharap semangat, dari almarhum ini bisa memotivasi para atlet junior kita maupun yang sekarang sedang menjadi atlet-atlet elit senior baik yang ada di Cipayung maupun di mana pun berada," tandasnya.

Sementara itu, mewakili keluarga almarhum Markis Kido, Joko Suprianto menyampaikan terima kasih atas kehadiran Zainudin beserta jajaran ke rumah duka, serta memberikan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan.

"Kami selaku wakil dari keluarga besar Markis Kido, istri, ibunda tercinta mengucapkan sekali lagi terima kasih Pak atas atensi, rasa kepedulian dari pemerintah, dari semua pihak yang telah memudahkan atau meringankan langkah Kido sampai ke peristirahatan terakhir," pungkasnya.



Simak Video "Pebulu Tangkis Indonesia Markis Kido Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)