Jelang Olimpiade Tokyo, Basuki Hadimuljono Cek Kesiapan Atlet Dayung

Muhammad Iqbal - Sport
Jumat, 18 Jun 2021 14:40 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki Hadimuljono
Jelang Olimpiade Tokyo, Basuki Hadimuljono Cek Kesiapan Atlet Dayung (Muhammad Iqbal/detikSport)
Bandung -

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki Hadimuljono menyambangi atlet dayung di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Basuki yang juga menjabat Menteri PUPR itu mengecek langsung para atlet dayung yang akan berkompetisi pada ajang Olimpiade Tokyo.

Basuki hadir bersama sejumlah pengurus PODSI dan disambut oleh para atlet. Ia menggunakan sebuah perahu khusus untuk melihat para altet mendayung perahunya di Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung.

"Saya hari ini melihat atlet PODSI yang akan kita persiapkan di dua event internasional yakni Olimpiade di Tokyo yang akan dilakukan di bulan Juli dan Sea Games," ujar Basuki kepada detikcom di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/6/2021).

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki HadimuljonoBasuki Hadimuljono pantau persiapan atlet dayung (Muhammad Iqbal/detikSport)

Lanjut Basuki, ada satu-satunya atlet yang akan mewakili merah putih dari cabor dayung di Olimpiade Tokyo nanti. Pasangan tersebut yakni Melani Putri (20) dan Mutiara Rahma Putri (16).

Pasangan muda ini dinyatakan lolos pada kualifikasi rowing zona Asia/Oceania di Tokyo, Jepang, 5-7 Mei lalu. Berlaga di Sea Forest Waterway, Tokyo, Mutiara dan Melani finis pada posisi keempat dengan catatan waktu 7 menit 35,61 detik.

Mereka akan maju pada nomor lightweight women double sculls (LWX2).

"Di Olimpiade Tokyo ini kita diwakili oleh dua atlet, sodari Mutia dan Melani, di mana (pasangan ini) di Manila mendapat mndali emas pada Sea Games lalu," ujar Basuki.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki HadimuljonoKetum PODSI, Basuki Hadimuljono memberikan semangat ke para atlet (Muhammad Iqbal/detikSport)

Basuki Hadimuljono mengatakan, PODSI tidak memberikan target yang muluk-muluk kepada pasangan muda tersebut di Olimpiade Tokyo nanti. Meski begitu, dirinya memastikan para atlet akan berjuang untuk meraih hasil yang terbaik.

"Yang penting kita bisa optimal dan bisa melalukan yang terbaik. Karena masuk ke Olimpiade itu tidak lah mudah. Mudah mudahan dapat memberikan yang terbaik," ujarnya.

(aff/mrp)