European Le Mans Series: Sean Gelael Finis Ketiga di Monza

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 11 Jul 2021 22:10 WIB
Sean Gelael
Sean Gelael finis ketiga di European Le Mans series Monza (dok.Stefano Arcari)_
Monza -

Sean Gelael mendapat modal bagus jelang seri ketiga FIA World Endurance Championship. Pebalap Indonesia itu finis ketiga di European Le Mans series (ELMS).

ELMS di Monza sejatinya tidak masuk dalam agenda balapan Sean sepanjang 2021. Tapi, timnya Jota Sport rupanya memberikan "hidangan pembuka" untuk Sean sebelum terjun di seri ketiga WEC 2021 di Monza pekan depan.

Pada balapan di sirkuit Monza, Italia, Minggu (11/7) yang bertajuk 4 Hours of Monza, Sean berduet dengan pebalap Malaysia Jazeman Jaafar. Dia menggunakan mobil JOTA bernomor 82.

Sejatinya Sean mendapat hasil buruk di kualifilkasi karena cuma start dari posisi ke-11. Tapi, kekuatan fisik Sean jadi senjata utamanya untuk langsung menggebar mobil non-stop selama 2 jam 40 menit.

Sean melewati berbagai drama sedari lap pertama dan membawa Jota ke posisi keempat. Bukan tugas yang mudah untuk Sean mengingat dia harus menghadapi banyak pebalap berpengalamna, salah satunya eks Formula 1 Robert Kubica.

Setelah hampir tiga jam membalap, Sean lantas berganti kursi dengan Jazeman dan rekannya itu sukses menaikkan posisi Jota ke urutan ketiga di akhir balapan.

Bagi Sean, ini benar-benar pemanasan yang bagus mengingat dia akan kembali balapan di tempat yang sama pekan depan. Ini adalah podium keempat Sean sejak pindah ke Jota setelah kemenangan di Asian Le Mans Series (ALMS) di Abu Dhabi, lalu dua kali podium di WEC.

Sean GelaelSean Gelael podium ketiga di European Le Mans Series di Monza Foto: dok.Stefano Arcari

"Saya senang karena perjuangan kami menghasilkan podium. Di ELMS ini saya banyak menghemat bahan bakar dan itu memengaruhi kapan harus masuk pit. Tapi membawa mobil mengambil banyak posisi dari P11 adalah kepuasan tersendiri. Semoga di WEC saya bisa lebih baik lagi," ujar Sean dalam rilis kepada detikSport.

Lanjutan FIA WEC digelar di Monza juga pada Minggu (18/7) dengan durasi 6 jam. Sean Gelael kembali akan ditemani oleh Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist.

(mrp/ran)