Target Tinggi Perenang Putri Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 17 Jul 2021 16:25 WIB
Azzahra Permatahani
Perenang putri, Azzahra Permatahani, mempunyai target tinggi di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Perenang putri Azzahra Permatahani membidik target pecah rekor nasional di Olimpiade Tokyo 2020 atau minimal mendekati catatan waktu terbaiknya.

Hal itu diungkapkan Azzahra setelah melakukan sejumlah persiapan menuju pesta olahraga terakbar sejagat raya tersebut. Azzahra akan tampil di nomor 400 meter gaya ganti perorangan.

Dia mendapat wild card usai berhasil mengumpulkan poin sesuai persyaratan FINA (federasi Renang Internasional) pada seleksi tahap akhir Indonesia Olympic Trial yang berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) pada 19-20 Juni lalu.

"Target saya Insya Allah pecah rekor nasional atau mendekati catatan waktu terbaik saya dua tahun lalu (Singapore Age Group Championships, Maret 2019), 4 menit 48,51 detik," kata Azzahra kepada detikSport, Sabtu (17/7/2021).

Azzahra yang merupakan debutan di Olimpiade mengatakan akan berusaha maksimal untuk mencapai target tersebut. Toh, selama ini perenang kelahiran 7 Januari 2002 ini sudah melakukan persiapan, meski secara peta persaingan buta kekuatan karena tidak ada perlombaan internasional.

"Deg-degan banget pasti karena ini Olimpiade pertama juga, apalagi di kondisi lagi pandemi, jadi banyak lomba-lomba yang tadinya diadakan, tapi kemudian diundur dan tak diadakan, jadi sudah lama tak lomba. Jadi untuk evaluasi waktu kita yang dulu karena tidak ada lomba itu," terangnya.

"Terakhir lomba itu saat trial Olympic untuk pemilihan atlet Olimpiade, kalau ajang internasionalnya saat SEA Games 2019, setelah itu tak ada lagi karena sudah pandemi. Jadi mengantisipasinya mungkin biasanya di tempat latihan kayak trial sendiri, jadi biar tahu waktu saya sudah sampai mana nih."

"Tapi persiapannya sampai sekarang sudah cukup siap. Dengan latihan seminggu 8 kali, lalu ada sesi dryline, fisik, bisa dikatakan sudah 90 persen tinggal sisanya saat di pertandingan nanti," kata Azzahra.

Azzahra dijadwalkan akan terbang ke Tokyo pada Sabtu (17/7/2021) malam bersama rombongan besar kontingen Indonesia. Saat ini, ia masih mempersiapkan apa yang harus dibawa.

"Paling vitamin (yang harus dibawa), lalu alat-alat lomba dan untuk latihan di sana, matras juga. Kalau barang yang wajib bawa banget tidak ada," sebut perenang berusia 19 tahun ini.

"Support keluarga alhamdullilah sampai sekarang masih mendukung, dari kemarin selalu memantau karena lagi jauh begini, jadi paling video call untuk menanyakan kabar," kata Azzahra.

Selain Azzahra, Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) juga mengirim perenang putra Aflah Fadlan Prawira. Dia akan tampil di dua nomor yaitu 400 meter gaya bebas dan 1500 meter gaya bebas. Keduanya telah dilepas oleh Ketua Umum PB PRSI Anindya Bakrie pada Jumat (16/7) malam melalui virtual.



Simak Video "Olimpiade Tokyo 2020: Anthony Ginting Lolos ke Fase Gugur"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)