Ini Negara Kedua yang Mundur dari Olimpiade Tokyo 2020

Yanu Arifin - Sport
Kamis, 22 Jul 2021 10:25 WIB
CHOFU, JAPAN - JULY 21: A general view of a badminton court with the Tokyo Olympic logo at Musashino Forest Sport Plaza ahead of the Tokyo 2020 Olympic Games on July 21, 2021 in Chofu, Tokyo, Japan. (Photo by Lintao Zhang/Getty Images)
Guinea menjadi negara kedua yang mundur dari Olimpiade Tokyo 2020 setelah Korea Utara. (Foto: Lintao Zhang/Getty Images)
Tokyo -

Olimpiade Tokyo 2020 kembali ditinggal salah satu negara pesertanya. Sudah ada dua negara yang memutuskan menarik diri dari ajang itu karena merisaukan ancaman virus Corona.

Dilaporkan Inside the Games, Guinea menjadi negara terbaru yang memutuskan mundur dari Olimpiade Tokyo 2020. Menteri Olahraga Guinea, Sanoussy Banama Sow, yang mengumumkannya.

Sow menjelaskan keputusan itu dalam surat yang ditujukan kepada Presiden Komite Olimpiade dan Olahraga Nasional Guinea, Nabi Camara. Hal itu menurut laporan AFP.

"Karena kebangkitan varian COVID-19, Pemerintah, yang peduli dengan menjaga kesehatan atlet Guinea, dengan menyesal telah memutuskan untuk membatalkan partisipasi Guinea di Olimpiade Tokyo 2020," tulis Sow.

Selain karena kekhawatiran varian delta virus Corona, Guinea juga kekurangan dana untuk berangkat ke Tokyo. Mundur menjadi pilihannya.

Guinea sendiri rencananya mengirim lima atlet ke Jepang. Mereka adalah pegulat Fatoumata Yarie Camara, judoka Mamadou Samba Bah, perenang Fatoumata Lamarana Toure dan Mamadou Tahirou Bah, serta sprinter Aissata Deen Conte.

Guinea sendiri sudah tampil 11 kali di Olimpiade, sejak debutnya di Mexico City pada 1968. Mereka belum pernah meraih medali sama sekali.

Keputusan Guinea ini membuat mereka menjadi negara kedua yang mundur dari Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya Korea Utara menjadi negara pertama yang menarik diri dari ajang multievent itu pada April lalu.

Lihat juga video 'Remaja Suriah Jadi Atlet Termuda di Olimpiade Tokyo 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/nds)