Soal Target RI di Olimpiade Tokyo, Menpora: Insyaallah Bisa Terpenuhi

Jihaan Khoirunnisaa - Sport
Rabu, 28 Jul 2021 19:53 WIB
Menpora Zainudin Amali
Foto: Kemenpora
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) RI, Zainudin Amali yakin tim nasional Indonesia bisa kembali mendulang medali di Olimpiade Tokyo 2020. Menurutnya, peluang untuk menambah medali masih terbuka lebar, mengingat beberapa pertandingan cabang olahraga masih berlangsung.

"Insyaallah bisa terpenuhi target yaitu peringkat Olimpiade Tokyo lebih baik dari Olimpiade sebelumnya. Tim Indonesia masih ada yang bertanding," kata Zainudin dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021).

Zainudin mengatakan, Tim Merah Putih menargetkan untuk memperbaiki prestasi pada kompetisi olahraga terbesar dan terkemuka itu. Ia berharap Indonesia mampu menempati peringkat ke-40, atau lebih baik dari Olimpiade sebelumnya di Rio de Janeiro, Brasil.

"Kita masih memantau perkembangan Olimpiade Tokyo, karena memang tim Indonesia kan masih ada yang bertanding. Paling tidak dengan dua medali yang sudah diraih, itu berarti memperkuat apa yang sudah kita perhitungkan, yaitu memperbaiki peringkat," katanya.

Amali menilai target ini sangat realistis. Sebab, ia bersama akademisi, praktisi olahraga, serta stakeholder terkait telah melakukan hitung-hitungan terhadap peluang Indonesia tampil di Olimpiade Tokyo. Apalagi dengan lahirnya grand design olahraga nasional yang semakin memperbesar peluang tercapainya target tersebut.

"Sekarang ini lahir grand design olahraga nasional. Jadi kita tempatkan Olimpiade ini sebagai sasaran utama. Asian Games dan SEA Games menjadi sasaran antara. Oleh karena itu, atlet yang masuk Olimpiade ini mereka yang sudah teruji dari kualifikasi sebelumnya," tandasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan setiap Olimpiade ke depannya akan direncanakan untuk menaikkan target tim Indonesia dalam perbaikan peringkat.

"Jadi kita ingin mendesain prestasi, tidak boleh lagi pratasi itu asal nemu. Semua harus dipersiapkan," terangnya.

Zainudin pun berpesan kepada para atlet yang bertanding agar tampil maksimal. Karena mereka menjadi wakil Indonesia pada ajang Olimpiade Tokyo.

"Mereka berangkat ke Tokyo atas nama masyarakat Indonesia, bukan pribadi, keluarga, maupun cabang olahraga. Oleh karenanya saya harap mereka fokus dan konsentrasi. Tetap jaga kesehatan. Pulang bawa medali dan tetap sehat. Para atlet saya minta harus all out bertanding. Pemerintah pasti memberikan apresiasi dan penghargaan," pungkasnya.

Diketahui sejauh ini, Indonesia sudah meraih dua medali melalui lifter Windy Cantika Aisah dan Eko Yuli Irawan. Windy Cantika berhasil meraih medali perunggu pada nomor 49 kg putri. Lifter masa depan Indonesia itu membukukan total angkatan 194 kg. Ia berhasil mengangkat 84 kg di angkatan snatch dan 110 kg pada angkatan clean and jerk.

Sementara Eko Yuli yang tampil di kelas 61 kg meraih medali perak. Hasil ini diraihnya usai melakukan angkatan total 302 kg, dengan rincian snatch 137 kg, clean and jerk 165 kg. Atas pencapaian ini, Zainudin mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang berjuang di Olimpiade Tokyo.



Simak Video "Indonesia Kejar Target Peringkat 40 Besar di Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)