Kok Ada Patung Sumo di Tengah Arena Olimpiade? Kuda Jadi Takut nih!

Afif Farhan - Sport
Kamis, 05 Agu 2021 14:10 WIB
TOKYO, JAPAN - AUGUST 03: Jessica Springsteen of Team United States is seen prior the Jumping Individual Qualifier on day eleven of the Tokyo 2020 Olympic Games at Equestrian Park on August 03, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Saat Kuda-kuda Atlet Olimpiade Tokyo Takut Patung Sumo (Getty Images)
Tokyo -

Atlet berkuda di Olimpiade Tokyo 2020 mengeluh kepada pihak panitia. Ngapain, sih, ada patung sumo di arena? Kuda-kuda jadi takut nih!

Di arena berkuda pada Olimpiade Tokyo 2020, pihak panitia memasang beberapa patung yang menjadi simbol Jepang seperti sakura sampai pesumo di arena lintasan. Tentu, hal tersebut supaya pemirsa di rumah mendapat sensasi ala Jepang banget.

Namun nyatanya, hal itu jadi blunder. Sebab beberapa atlet berkuda mengaku, kalau kuda mereka ketakutan karena adanya patung pesumo!

Britain's Harry Charles, riding Romeo 88, competes during the equestrian jumping individual qualifying at Equestrian Park in Tokyo at the 2020 Summer Olympics, Tuesday, Aug. 3, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Carolyn Kaster)Patung sumo di lintasan pacuan kuda (AP/Carolyn Kaster)

Teddy Vlock, atlet berkuda asal Israel geram betul dengan patung pesumo. Sebab, patung yang memang menyerupai manusia itu bikin kudanya ketakutan dan dirinya harus bekerja ekstra membuat kudanya untuk tenang.

"Patung itu memang mirip seperti manusia sungguhan dan menakutkan. Anda tahu, kuda tidak ingin melihat manusia yang persis berada di sebelah rintangan melompat," paparnya seperti dilansir dari AP.

"Patung itu seolah-olah membuat kuda akan bertarung dengannya," lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh atlet asal Inggris, Harry Charles. Menurutnya, dia memang melihat tak sedikit kuda yang takut karena patung sumo itu.

"Saya melihat empat sampai lima kuda ketakutan dengan patung itu," terangnya.

Britain's Harry Charles, riding Romeo 88, competes during the equestrian jumping individual qualifying at Equestrian Park in Tokyo at the 2020 Summer Olympics, Tuesday, Aug. 3, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Carolyn Kaster)Kalau patung atau hiasan lain seperti bunga sakura ini masih oke-oke saja (AP/Carolyn Kaster)

Atlet asal Prancis yang juga peraih medali emas di Olimpiade Rio 2016, Penelope Leprevost juga merasakan dampak patung sumo. Kudanya sampai sulit dikendalikan dan keluar dari lintasan.

"Kuda saya terkejut ketika mendekati patung itu," ujarnya.

Kuda-kuda yang bertarung di Olimpiade Tokyo 2020 memang menempuh perjalanan panjang. Mereka diterbangkan naik pesawat dan lanjut dengan truk.

Maka, para atlet berkuda butuh waktu untuk membuat kuda-kuda mereka tetap fokus di lapangan. Patung sumo di lintasan, jadi semuanya bikin runyam.

(aff/krs)