Sean dan Jota #28 Sudah Siap Balapan 24 Jam di Le Mans

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 21 Agu 2021 00:12 WIB
Sean Gelael di sesi latihan bebas 24 Hours of Le Mans bareng Jota #28
Sean Gelael dan Jota #28 siap hadapi 24 Hours Le Mans (dok.JOTA Sport)
Le Mans -

Balapan 24 Hours of Le Mans sudah di depan mata. Meski hasil kualifikasi tidak oke, Sean Gelael sudah siap menaklukannya.

Sean tergabung di tim JOTA Sport #28 bersama Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist. Pada sesi kualifikasi FIA World Endurance Championship kelas LMP2, Sean dkk. masih kalah cepat sekitar 7 km/jam di lintasan lurus.

Top speed di kualifikasi tersebut dibuat Alex Brundle (Inter Europol Competition) dengan 323,9 km/jam, sementara Blomqvist hanya membuat 316,3 km/jam.

Padahal balapan sepanjang 24 jam itu akan sangat menantang mengingat trek di Circuit de la Sharte memaksa para pebalapnya untuk selalu menggeber kecepatan mobil secara maksimal.

Kira-kira sekitar 85 persen balapan dijalani dalam kecepatan tinggi sehingga kekuatan mesin jadi kunci. Meski JOTA #28 tidak lolos ke Hyperpole, mereka setidaknya punya modal bagus dalam sesi latihan.

Pada sesi latihan keempat, khususnya di sektor spesial, Sean dan Blomqvist sempat mencatatkan waktu tercepat di seluruh kelas. Tapi, kecepatan di satu sektor pendek tidak cukup untuk membuat lap tim yang bagus.

Maka konsistensi sangat diperlukan mengingat mereka akan menghadapi lawan berat seperti Team WRT, G-Drive, Panis Racing, termasuk dari garasi sebelah, JOTA #38.

"Kami mulai temukan solusi agar mobil ini konsisten bagus buat balapan panjang," ujar Blomqvist dalam rilis kepada detikSport.

"Latihan telah selesai semua, tinggal kita buktikan pada lomba nanti. Kami siap seratus persen," timpal Sean.

Pada klasemen sementara, JOTA #28 masih berada di posisi ketiga dengan nilai 53 poin. Mereka hanya terpaut tiga poin dari tim JOTA 38 dan 21 poin dari tim United Autosport USA.

Seri keempat FIA World Endurance Championship, 24 Hours of Le Mans, digelar pada 21-22 Agustus, disiarkan langsung lewat situs www.sean-gelael.com. Balapan akan dimulai pada pukul 15.00 waktu setempat atau 21.00 WIB dan finis di jam yang sama keesokan harinya.

(mrp/adp)