Anies Targetkan Kontingen DKI Juara Umum di PON Papua

Tiara Aliya Azzahra - Sport
Kamis, 16 Sep 2021 01:09 WIB
Anies Baswedan melepas Kontingen DKI Jakarta ke PON XX Papua
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membidik juara umum PON Papua. (Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja melepas keberangkatan kontingen Jakarta ke PON XX Papua. Anies menargetkan Jakarta kembali menjadi juara umum.

PON XX Papua akan digelar pada 2-15 Oktober 2021 mendatang. Jakarta mengirimkan 735 atlet dan total 1.350 kontingen termasuk ofisial dan pelatih.

"Insya Allah pada PON kali ini, kita akan berhasil kembali sebagai juara umum. Karena DKI Jakarta dari 20 kali PON, Jakarta 11 kali mampu raih juara umum dan Insya Allah, habis ini 12 kali juara umum," kata Anies dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9/2021).

"Kalau kita melihat statistiknya, perolehan DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya, kita biasa berada di papan atas, hanya 2016 saja kita kemarin belum juara umum. Bahkan, pada tahun 2012 kita mampu meraihnya," ujarnya.

Jakarta hanya menempati peringkat ketiga di PON XIX Bandung pada lima tahun silam. Anies Baswedan mengungkapkan atlet-atlet DKI telah melakukan persiapan yang matang baik fisik maupun mental demi merebut gelar juara umum kembali.

"Setiap kali Anda masuk ke laga pertandingan, ingatlah bahwa nama Jakarta dititipkan di pundak Anda, lakukan yang terbaik, berikan sepenuh hati, sepenuh tenaga untuk bisa menang, sekaligus jaga sportivitas, dan menjadi teladan bagi dunia olahraga," imbuh mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini.

Terakhir, Anies berpesan agar para atlet selalu disiplin dan menjaga sportivitas. Menurutnya, hal ini dapat berpengaruh terhadap konsentrasi dalam pertandingan.

"Kalau kita tergeser saja sedikit fokusnya, bisa berdampak kepada prestasi, bisa berdampak kepada semua ikhtiar yang sudah dilakukan. Jadi, saya berharap kepada semua, pastikan fokus dan bisa mendapatkan hasil yang membanggakan," Anies Baswedan menambahkan.



Simak Video "Berkah PON XX, Potensi Pariwisata Papua Kini Mulai Terpetakan"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/ran)