Masih Pandemi Covid-19, Lomba Lari dan Balap Sepeda Virtual Laris

Mohammad Resha Pratama - Sport
Kamis, 23 Sep 2021 21:52 WIB
Tour de France (TDF) 2021 baru berjalan 4 etape. Namun sejumlah pebalap sudah terlibat tabrakan dan kecelakaan fatal. Semangat membara demi yang tercepat.
Ilustrasi balap sepeda (AP/Stephane Mahe)
Jakarta -

Pandemi Covid-19 masih akan berlangsung dalam waktu yang lama. Wajar jika lomba lari dan balap sepeda dunia maya jadi laris manis.

Sejak pandemi menyerang dunia 1,5 tahun lalu, banyak kegiatan yang harus dibatasi atau bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali. Olahraga jadi salah satu yang paling terimbas.

Sebab, olahraga biasanya melibatkan banyak orang dan ini tentu tak sejalan dengan kampanye social distancing yang terus digalakkan terutama di Indonesia. Meski demikian, para penikmat olahraga tak kehilangan akal untuk tetap berkeringat di masa pandemi.

Apalagi olahraga bisa jadi salah satu cara menangkal tertularnya Covid-19 karena badan menjadi lebih fit. Nah, salah satu perusahaan asuransi termuka AIA pun menyadari bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Ditambah fakta bahwa dari hasil survey online dari Pusat Penelitian dan Kependudukan LIPI, satu dari lima orang yang sebelumnya tidak berolahraga, memulai kebiasaan berolahraga selama pandemi.

Lalu, ada juga data dari Sensor Tower yang menyebut jumlah aplikasi kebugaran yang diunduh di smartphone meningkat 47 persen pada kuartal kedua 2020. Kebetulan lari dan bersepeda adalah olahraga paling diminati.

Sementara Asosiasi Industri Persepedaan Indonesia juga menyatakan bahwa kapasitas produksi ditingkatkan hingga 20-30 persen demi memenuhi permintaan pasar.

Oleh karenanya, AIA pun menggelar AIA Vitality Run & Ride yang merupakan ajang lari serta balap sepeda yang sudah berlangsung sejak 3 September lalu. Durasinya terbilang panjang karena baru berakhir 31 Desember.

AIA Vitality Run & RideAIA Vitality Run & Ride Foto: Istimewa

Ada banyak kategori yang dipertandingkan, baik di nomor lari maupun balap sepeda. Untuk lari ada 5K, 10K, 22K, 43K, sementara untuk bersepeda ada 15K, 25K, 50K, 100K. Peserta juga dapat menentukan sendiri waktu pelaksanaan sesuai kurun waktu yang ditentukan.

Setiap kategori yang dipilih dan diselesaikan akan dihitung sebagai prestasi sekaligus pencapaian tersendiri bagi peserta. AIA juga memberikan kesempatan kepada member AIA Vitality untuk mendapatkan poin yang lebih hingga 4200 poin dengan berpartisipasi di AIA Vitality Run & Ride.

"AIA menyambut antusiasme masyarakat terhadap olahraga yang terus meningkat terutama dalam masa pandemi. Pemanfaat teknologi dalam menunjang kegiatan olahraga juga meningkat. Masyarakat menginginkan pengalaman olahraga agar terus menarik dan menantang. Melihat antusiasme tersebut, AIA luncurkan AIA Vitality Run & Ride, event lari dan bersepeda yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan antusiasme masyarakat terhadap olahraga," ujar Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Monika Parapak, dalam rilis kepada detikSport.

Kebetulan pendaftarannya masih dibuka dan jika Anda tertarik mengikuti event tersebut, bisa dicek di link berikut ini.

(mrp/bay)