Semarakkan PON Papua, Ada Virtual Gowes Wisata 2021

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 01 Okt 2021 22:27 WIB
PON Papua 2020 akan resmi dibuka akhir pekan ini. Banyak kegiatan dilakukan di luar arena untuk meramaikannya, salah satunya Pegadaian Virtual Gowes Wisata 2021.
VIrtual Gowes akan diadakan mulai Minggu 3 Oktober menyemarakkan PON 2021 (dok.KADIN)
Jakarta -

PON Papua 2020 akan resmi dibuka akhir pekan ini. Banyak kegiatan dilakukan di luar arena untuk meramaikannya, salah satunya Pegadaian Virtual Gowes Wisata 2021.

Acara ini diadakan oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN) bekerjasama dengan Kemenparekraf dan BUMN dalam rangka untuk membangkitkan sektor perekonomian dan pariwisata, serta sekaligus membugarkan masyarakat. PON 2020 sendiri dibuka Presiden RI Joko Widodo, Sabtu (2/10/2021 besok hingga 15 Oktober.

Gelaran ini terbilang spektakuler, lantaran dilakukan secara serentak di Indonesia pada Minggu (3/10/2021) mendatang, di mana start akan dilakukan di The Gade Coffee and Gold yang ada di tiap kota di seluruh Nusantara.

Uniknya lagi, gowes ini menyasar pada titik wisata di kota pelaksanaan start, di mana tidak ada ketentuan jarak, bahkan tujuan destinasi wisatanya pun bebas di tentukan oleh tiap peserta.

Namun, peserta sedikit ditantang untuk mengunjungi titik atau objek wisata terbarukan, di mana wisata tersebut merupakan titik wisata yang merupakan hasil dari kreativitas masyarakat Indonesia secara bebas, serta objek wisata tersebut dapat diperbarui terus-menerus secara tak terbatas dalam pengembangan kreatifnya untuk menjaga eksistensinya.

Sehingga para peserta mengunjungi titik-titik wisata yang baru, viral dan instagramable, dan bukan yang sudah ada sedari dulu.

Namun untuk menentukan pemenang dalam ajang ini, juri akan memberikan penilaian terhadap unggahan foto peserta di media sosial instagram dengan mencantumkan nama, lokasi dan informasi lainnya mengenai wisata terbarukan tersebut dengan hastag #VGW2021.

Wakil Ketua Umum Bidang Industri Olahrraga KADIN, Irawadi D Hanafi, menyerukan kepada segenap anggota KADIN untuk mengikuti ajang tersebut. Ini bertujuan agar roda perekonomian baik melalui sektor olahraga maupun pariwisata kembali bergeliat di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dengan adanya PON, Irawadi berdoa agar ekonomi di Papua khususnya bisa bangkit.

"Kita tau, salah satunya melalui olahraga, roda perekonomian akan berputar dan melalui ajang Pegadaian Virtual Gowes Wisata 2021 ini pula sektor pariwisata juga akan terkena imbas positifnya, di mana para masyarakat akan mengetahui titik-titik atau lokasi pariwisata terbaru yang ada di seluruh Indonesia ini," ucap Irawadi dalam rilis kepada detikSport.

"Para peserta Pegadaian Virtual Gowes Wisata 2021 itu, mereka hanya pergi ke satu atau beberapa lokasi wisata di daerahnya masing-masing, kemudian mereka memposting di media sosialnya dengan ketentuan yang berlaku, sehingga harapannya, masyarakat melalui media sosial mengetahui lokasi wisata tersebut, terlebih lokasi wisata yang terbarukan,"sambungnya.

"Apalagi even ini bertepatan dengan PON Papua sehingga animonya bisa lebih besar lagi."

Lebih lanjut, mantan pengurus PSSI itu mengatakan para peserta bisa mendaftar di The Gade Coffee and Gold yang ada di daerah masing-masing, seperti di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Banda Aceh, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Denpasar, Ampenan, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Makassar, Ambon, Manado, Palu, Labuan Bajo, Klaten, Depo,dan Merak.

(mrp/rin)