Presiden Jokowi Besok Buka PON Papua, Ini Susunan Acaranya

Mercy Raya - Sport
Jumat, 01 Okt 2021 18:45 WIB
Presiden Jokowi terbang ke Riau. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo dipastikan hadir dalam pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Sabtu (2/10) besok. Orang nomor satu di Indonesia itu kini sudah tiba di Bumi Cendrawasih.

"Saya terbang menuju Papua hari ini dan bermalam di Jayapura. Sampai bertemu besok di arena pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX," tulis Presiden Joko Widodo dalam akun Instagramnya.

Opening ceremony akan dihelat di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu (2/10) malam. Menukil susunan acara opening ceremony, hitung mundur PON Papua akan dilakukan pukul 19.03 WIT atau setelah rombongan dari Presiden hadir di lokasi.

Setelah itu dilakukan tarian Selamat Datang, kemudian dilanjutkan dengan parade atlet. Adapun pelaksanaan defile akan sama meriahnya dengan pekan-pekan olahraga sebelumnya. Namun, karena pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir ada beberapa penyesuaian yang dilakukan panitia.

Acara lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebelum akhirnya Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua, sekaligus Ketua Umum PB PON XX akan memberikan laporannya.

Sementara itu, Presiden Jokowi dijadwalkan memberikan kata sambutannya pukul 19.48 WIT sekaligus membuka PON XX Papua secara resmi. Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukkan budaya.

Nantinya, konsep pembukaan akan menunjukkan keindahan alam Bumi Cendrawasih. Pesan itu salah satunya akan ditunjukkan melalui tarian dari penari asli Papua serta konser musik oleh musisi Papua.

Acara pembukaan diperkirakan akan selesai pukul 20.45 WIT dengan ditandai penyalaan kaldron, kembang api, serta theme song PON XX.

PON Papua akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021. Multiajang olahraga tingkat nasional empat tahunan itu akan mempertandingkan 37 cabang olahraga lainnya. Adapun lokasi pertandingan akan berlangsung di empat klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, serta Merauke.

(mcy/aff)