PON Papua: DKI Jakarta Raih 2 Emas dari Biliar, Jabar Dapat 1

Femi Diah - Sport
Sabtu, 09 Okt 2021 05:01 WIB
Pebiliar DKI Jakarta, Jahja J saat berlaga mengalahkan pebiliar Sumatera Utara, Chandra W di nomor English Billiard PON XX Papua dan sekaligus meraih medali emas untuk DKI Jakarta, laga final digelar di GOR Biliar Mimika, Jumat (8/10/2021). (Foto : PB PON XX Papua / Ady Sesotya)
Pebiliar DKI Jakarta, Jahja Johanes Halim di PON XX Papua. (Foto: PB PON XX Papua / Ady Sesotya)
Mimika -

Persaingan DKI Jakarta dan Jawa Barat di PON XX/2021 Papua juga terjadi pada cabang biliar. Untuk sementara, DKI mendapatkan dua emas, Jabar satu emas.

Dalam perlombaan di Stadion Biliar Mimika Sport Center, Jumat (8/10/2021), dua wakil DKI Jakarta, Jahja Johanes Halim dan Rudy Hasan, menambah emas dari biliar.

Jahja menjadi yang terbaik di nomor biliar point single. Dia memastikan medali emas, usai mengalahkan wakil Sumatera Barat Marlando Sihombing di babak final dengan skor 242-232.

Marlando sendiri harus puas dengan raihan perak. Sementara medali perunggu menjadi milik wakil Banten Adhi Braja Falachi dan Jaka Kurniawan (Sumut).

Emas lain dari biliar untuk DKI Jakarta didonasikan Rudy Hasan, yang juga bersaing di nomor carom libre single. Rudy memastikan medali emas dengan keunggulan atas pebiliar Jawa Barat, Batara Marpaung, dengan selisih 1 poin.

Dalam persaingan final lebih dari satu jam, Rudy tertinggal jauh dari Batara 42-93. Rudy terus mengejar ketertinggalan hingga menit-menit terakhir pertandingan dan berhasil mengalahkan Batara dengan poin 135-134.

Rudy bilang kemenangan itu hasil kombinasi kerja keras dan keberuntungan dirinya. "Ini namanya hoki," kata Rudy usai perlombaan.

"Sebelumnya, poin saya tertinggal jauh tetapi kemudian mendapatkan peluang dan memastikan kemenangan dengan bisa mendapatkan angka tiga yang terakhir," Rudy menambahkan.

Di nomor tersebut, medali perunggu menjadi milik wakil tuan rumah James Lengkang dan Hotmaruli Simarmata (Sumut).

Sementara itu, Jabar juga mendapatkan medali emas dari nomor 10 ball double putri melalui Annita Kanjaya/Amanda Rahayu. Di nomor ini, perak menjadi milik Silviana/Nur Sukmawati. Kemudian perunggu dimiliki Angeline M. Ticoalu/Vinda Marthatilova dari Jateng dan Fathrah Masum/Desi Aristia dari DKI.

(fem/yna)