Usai 2 Tahun Absen Lari Gawang, Alvin Tehupeiory Rebut Emas

Femi Diah - Sport
Minggu, 10 Okt 2021 19:10 WIB
Atlet Maluku, Alvin Tehupeiiory (180) berhasil meraih medali emas Atletik PON XX Papua nomor Lari 400m Gawang Putri setelah di babak final menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 61,65 detik di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Minggu (10/10/2021). (Foto : PB PON XX Papua / Ady Sesotya)
Alvin Tehupeiory meraih emas lari 400 meter gawang putri. (Foto: PB PON XX Papua / Ady Sesotya)
Jakarta -

Alvin Tehupeiory sukses meraih medali emas dari nomor lari 400 meter gawang putri di PON XX/2021 Papua. Menjadi emas keempat untuk Maluku.

Dalam perlombaan di Stadion Atletik, Mimika Sport Center, Mimika, Papua, Minggu (10/10/2021), Alvin sempat mendapatkan persaingan ketat dari wakil Papua Yunicke Herlin Anderi dan Nurainun Perangin dari Sumatera Utara. Barulah di 100 meter terakhir, Alvin melesat dan finis terdepan.

Alvin menyegel medali emas dengan catatan waktu 61,65 detik. Di urutan kedua dan berhak mendapatkan perak adalah Nurainun. Adapun medali perunggu menjadi milik Yunicke.

Dalam perlombaan itu Rahma Annisa didiskualifikasi di titik start.

"Saya senang dengan hasil ini sebab bisa memberikan yang terbaik untuk daerah," kata Alvin usai perlombaan.

"Teriakan penonton dari Maluku yang banyak hadir di sini serta kehadiran Bapak Wagub membuat saya bersemangat saat ada kesempatan untuk memenangkan lomba tadi," Alvin menambahkan.

Alvin Tehupeiory puas betul dengan penampilannya. Dari catatan waktu, dia berhasil memperbaiki angka yang dibuatnya saat PraPON 61 detik. Dia juga berhasil mempertahankan medali emas dari PON 2016 Jabar.

Selain itu, Alvin sejatinya sedang dalam kondisi tidak optimal. Dia sedang dalam masa pemulihan cedera kaki kanan. Alvin juga tidak berlatih lari gawang selama dua tahun. Selama pandemi, pemegang rekor nasional lari 200 meter itu berfokus mengasah kemampuannya di nomor lari 200 meter.

"Baru kemarin sore saya berlatih gawang. Di sini. Itu juga dengan satu atau dua gawang," ujar Alvin.

"Saya rajin mengompres saja setiap dua jam. Lagipula feeling untuk berlari gawang masih ada, tidak hilang begitu saja," Alvin menjelaskan.

Emas itu menjadi emas keempat bagi Maluku. Alvin berpeluang untuk menambah medali emas lagi untuk Maluku. Dia akan turun di final lari 200 meter besok.



Simak Video "Berkah PON XX, Potensi Pariwisata Papua Kini Mulai Terpetakan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/raw)