100 Peserta HK Endurance Challenge dari 18 Negara Tiba di Lombok

Angga Laraspati - Sport
Jumat, 15 Okt 2021 16:10 WIB
Jakarta -

100 peserta event HK Endurance Challenge tiba di Bandara Internasional Lombok hari ini. Peserta dari 18 negara tersebut disambut Hutama Karya yang menggunakan pakaian adat khas suku sasak.

Penyambutan dilakukan Hutama Karya dengan mengalungkan tenun khas Lombok untuk peserta perempuan dan udeng songket Lombok untuk peserta laki-laki. Ketua Pelaksana HK Endurance Challenge Oktavianus menyampaikan Hutama Karya berkolaborasi dengan pihak Angkasa Pura I selaku pengelola bandara telah memastikan peserta tiba dalam keadaan sehat.

"Setelah mendarat peserta langsung kami arahkan ke ruang TIC untuk dilakukan ceremony penyambutan dan tes antigen COVID-19. Setelah dipastikan negatif COVID-19 peserta tersebut akan diantar ke hotel masing-masing," terang Okta dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

Okta mengatakan prosesi penerimaan dan penjemputan peserta sejak pagi hingga sore berjalan dengan baik dan aman. Semua peserta mendapatkan pelayanan terbaik dengan memberikan ruang tunggu VIP di ruangan Tourism Information Center (TIC).

Sementara itu, salah satu peserta asal US, Shannon Francis mengungkapkan antusiasmenya datang ke Lombok dan persiapannya untuk mengikuti event ini.

"Ini adalah pertama kalinya saya di Lombok, sangat bersemangat, saya pikir ini akan menyenangkan dan semua orang sangat ramah. Dan karena ini sangat lama di triathlon, dibutuhkan beberapa pelatihan, jadi saya berlatih untuk waktu yang lama mempersiapkan acara ini," kata Shannon.

Selain Shannon, peserta asal Denmark Nikolas Jensen yang tiba di Lombok pada siang hari ini juga mengungkapkan alasannya mengikuti event ini.

"Saya ikut acara ini untuk melakukan triathlon, jadi ini bagian dari harus menumbuhkan pariwisata Lombok dan Indonesia. Saya suka Lombok," kata Jensen.

Merespon antusiasme peserta, Gubernur NTB Zulkieflimansyah akan mengabadikan event ini pada sebuah tugu monumen yang menyematkan nama dan asal negara peserta.

"Monumen HKEC ini nantinya akan dikenang dan akan dikunjungi lagi oleh peserta lomba. Ini bisa menjadi destinasi baru Lombok-Sumbawa," jelas Zulkieflimansyah

Seluruh peserta HK Endurance Challenge terkonfirmasi telah tiba di Lombok sejak kemarin hingga hari ini dan terbagi ke 9 hotel untuk lokasi penginapan, di antaranya yaitu Novotel Mandalika, Anema Resort, Hotel Tugu, Jeeva Resort, Tugu Hotel, Holiday Resort Lombok, Kila Senggigi, Ketaram, dan Sheraton Senggigi Beach Resort.

Sehari setelah kedatangan di Lombok, para peserta akan diajak berkeliling melihat keindahan Lombok dan mencicipi kuliner khas Lombok. Sebelum hari pelaksanaan challenge, para peserta juga akan mengikuti acara Gala Dinner pada malam hari ini dan Test Track pada esok hari.

Harapannya acara inti kegiatan HK Endurance Challenge yang terdiri atas renang antar pulau sejauh 2 km, bersepeda 100 km, dan lari 21 km yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu oleh tiap peserta sepanjang total 123 km ini juga dapat berjalan dengan baik.

(akd/krs)