Eks Menpora Ingatkan Superbike Bisa Terancam karena Sanksi WADA

Jauh Hari Wawan S - Sport
Senin, 18 Okt 2021 19:40 WIB
roy suryo bahas panci
Eks Menpora Roy Suryo mengungkap Superbike Mandalika masih bisa batal karena sanksi WADA. (Foto: twitter/istimewa)
Yogyakarta -

Eks Menpora Roy Suryo melihat sanksi yang dijatuhkan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) bisa berpengaruh ke penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika. Begini penjelasannya.

Di Indonesia bakal ada event balap motor internasional. Satu yang sudah mengantungi izin yakni WSBK 2021. Namun, dengan adanya sanksi WADA untuk Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) bisa saja event ini terancam.

"Superbike sudah deal, tetapi bisa terancam gara-gara sanksi WADA ini," kata Roy Suryo saat dihubungi wartawan, Senin (18/10/2021).

Sanksi dari WADA selain tidak memperbolehkan mengibarkan bendera Merah Putih, Indonesia juga teramcam tidak bisa jadi host perhelatan olahraga internasional.

"Nah selain sanksi itu yang berat juga adalah Indonesia tidak diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan multi event dalam bidang sport, selama dalam sanksi itu. Ini kan cukup berat ya. Artinya apa, meskipun kita sudah dapat izin untuk penyelenggaraan WSBK di Mandalika, bisa jadi itu akan dipertanyakan juga," terangnya.

Walaupun, secara argumen masih bisa diperdebatkan, pakar telematika itu juga mengingatkan agar pemerintah mengantisipasi hal-hal tak terduga imbas sanksi WADA.

"Meskipun saya yakin kita bisa challenge atau punya argumen karena izin sudah sempat muncul sebelum ada sanksi ini tetapi bukan tidak mungkin nanti akan ada hal-hal yang di luar yang kita perkirakan meskipun kita boleh menyelenggarakan," katanya.

Kejadian tak terduga itu jika ada tim atau negara yang batal mengirimkan atletnya ke Indonesia.

"Tapi mungkin beberapa negara yang mungkin nanti jadi tidak jadi atau batal mengirim. Bisa juga. Itu kan hak dari negara-negara yang lain untuk kemudian batal mengirim karena Indonesia dianggap tidak patuh pada keputusan dari WADA," jelasnya.

Lebih lanjut, Indonesia juga mentargetkan jadi tuan rumah perhelatan MotoGP. Roy melihat, dijatuhkannya sanksi WADA ini juga akan berimbas pada izin MotoGP di Mandalika.

"Sedangkan MotoGP akan jadi sulit kita untuk maju jika Sanksi WADA tersebut belum diselesaikan dengan benar. Tidak sekedar lobi-lobi seperti kebiasaan yang lalu-lalu," pungkasnya.Eks Menpora Ingatkan Superbike Bisa Terancam karena sanksi WADA.

Sebelumnya, bendera Merah-Putih tak bisa dikibarkan saat Indonesia meraih gelar juara Piala Thomas 2020 karena sanksi WADA. Tapi, Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, juga yakin event internasional di Indonesia tak terganggu.

Simak video ''Biang Kerok' di Balik Sanksi WADA ke LADI':

[Gambas:Video 20detik]



(cas/aff)