SEA Games Hanoi Digelar Mei 2022

Mercy Raya - Sport
Selasa, 19 Okt 2021 16:43 WIB
Ketum KOI Raja Sapta Oktohari
Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengungkap waktu SEA Games Hanoi. (Foto: dok. KOI)
Jakarta -

Teka teki SEA Games Hanoi bakal digelar tahun depan akhirnya terjawab. Ajang olahraga multievent dua tahunan itu dijadwalkan berlangsung pertengahan Mei 2022.

SEA Games 2021 semula akan digelar November tahun ini diputuskan ditunda. Pertimbangannya karena ada pandemi COVID-19 varian baru yang sedang tinggi. Akan tetapi jadwal pengganti pelaksanaannya multi ajang cabang olahraga itu belum ditetapkan kendati sudah ada sejumlah usulan tahun dan bulan.

Namun akhirnya, pada rapat virtual SEAGF yang dipimpin oleh COO SEAGF Dato Seri Chaiyapak Siriwat pada Senin (18/10/2021) diputuskan gelaran ajang itu berlangsung Mei tahun depan.

"Setelah menunggu beberapa bulan, tuan rumah menyatakan siap menyelenggarakan SEA Games ke-31 di Hanoi, tahun depan. Untuk SEA Games ke-32 di Kamboja pada 2023 sampai saat ini masih on schedule," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, dalam keterangan tertulisnya.

SEA Games merupakan multi event olahraga se-ASEAN dalam naungan South East Asia Games Federation (SEAGF) atau federasi olahraga regional Asia Tenggara yang independen sebagaimana Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan Komite Olimpiade Internasional (IOC). Multicabang ini digelar dua tahun sekali.

Dengan dipastikannya jadwal SEA Games, maka sekaligus memastikan adanya multi event lainnya yang akan dilangsungkan tahun depan. Rinciannya, yaitu SEA Games (Mei), Islamic Solidarity Games (9-18 Agustus), Asian Games (10-25 September), dan Asian Youth Games (20-28 Desember).

Sedangkan penyelenggaraan Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) di Thailand yang seharusnya digelar 10-20 Maret masih menunggu konfirmasi lanjutan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA).

"Tinggal menunggu kepastian AIMAG saja karena memang agenda 2022 cukup padat. Tapi, adanya kepastian SEA Games membuat kami bisa lebih fokus untuk perencanaan 2022, pendanaan, dan lain-lain," kata Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono.

(mcy/cas)