Papua Hitung Mundur Menuju Peparnas 2021

Wilpret Siagian - Sport
Rabu, 20 Okt 2021 09:56 WIB
Warga berfoto dengan maskot Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua di halaman kantor Gubernur Papua, Jayapura, Selasa (19/10/2021). Peparnas XVI Papua bertema Bangkit Satukan Tekad, Raih Kemenangan di Tanah Papua. ANTARA FOTO/Indrayadi TH/rwa.
Hitung mundur Peparnas Papua 2021 dimulai (Antara Foto/Indrayadi TH)
Jayapura -

Masih ada lagi ajang besar di Papua setelah PON 2020 kemarin. Bumi Cendrawasih akan menghelat Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) bulan depan.

Setelah PON sukses dihelat dan ditutup Jumat (15/10) kemarin, Peparnas XVI Papua mulai hitung mundur. Peparnas diikuti 1.940 atlet dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga sedari 2 hingga 15 November.

Enam cabor akan dipertandingkan di Kota Jayapura dan enam lainnya di Kabupaten Jayapura. Adapun cabor dimaksud yakni bulu tangkis, boccia, catur, judo, tenis lapang kursi roda dan sepakbola CP, angkat berat, atletik, menembak, panahan, renang, dan tenis meja.

Ketua Harian Panitia Besar Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa mengatakan, Peparnas merupakan satu hal yang sangat positif, karena bisa meningkatkan kualitas sumber daya serta kemampuan bagi atlet maupun UMKM.

"Kita sudah sukses menyelenggaran PON XX Papua 2021, maka Peparnas XVI 2021 juga harus sukses kita laksanakan," ujar Doren Wakerkwa saat hitung mundur Peparnas XVI di Halaman Kantor Gubernur Papua, Selasa (19/10/2021).

Doren mengatakan adanya dua event nasional di Papua merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat bahwa Papua mampu melakukannya.

"Peparnas juga akan sukses, itu semua atas kerjasama kita semua. Ini.saatnya kebangkitan Papua menunjukkan bahwa ' Torang bisa' dan itu sudah kita buktikan pada PON XX Papua 2021," sambungnya.

Sementara itu Ketua Kontingen Peparnas XVI Papua, Nikolaus Kondomo, memastikan kesiapan seluruh atlet Peparnas Papua. Dia mengajak seluruh kontingen agar menjunjung tinggi sportivitas, sehingga dapat mengukir sejarah di Papua.

Dia berharap masyarakat Papua dapat menyambut tamu-tamu atlet paralimpik dari seluruh Indonesia dengan tidak memandang mereka secara berbeda.

"Saya kemarin sudah melakukan pengecekan terhadap para atlet di beberapa cabor yang akan dipertandingkan di Peparnas XVI Papua dan mereka sudah sangat siap untuk menggelar agenda ini," kata Nikolaus Kondomo yang juga Kepala Kejaksaan Tinggi Papua.

(mrp/mrp)