Ikuti Aturan NPC, David Jacobs Fokus Nomor Tunggal di Peparnas Papua

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 23 Okt 2021 16:41 WIB
David Jacobs atlet Paralimpiade Tokyo 2020.
David Jacobs (Foto: dok. NPC Indonesia)
Jakarta -

Atlet para tenis meja David Jacobs akan tampil di satu nomor pada Peparnas Papua 2021 menyusul aturan National Paralimpiade Committee (NPC) yang melarang atlet elit main dua nomor.

David mengatakan akan fokus ke nomor tunggal pada multievent atlet difabel di Papua mulai 2 sampai 15 November mendatang.

"Soal aturan itu tidak jadi masalah. Kami sebagai atlet harus ikuti aturan dari NPC untuk pemerataan prestasi dan melihat atlet-atlet lain yang punya potensi," kata David ketika dihubungi pewarta Sabtu (23/10/2021).

Di multiajang empat tahunan itu, David menargetkan meraih medali emas meskipun persaingan disadarinya sangat ketat. Bagaimanapun, lawannya ialah rekan sesama olimpian.

"Pesaing ada dari teman sendiri Akbar (Komet). Kami sama-sama memperkuat DKI dan turun di Paralimpiade Tokyo 2020 kemarin. Saat latihan juga kami saling mengalahkan. Jadi pesaing ketat menurut saya si Akbar tapi tetap yang lain juga tidak akan diremehkan lah, harus diwaspadai karena di pertandingan nanti kami juga belum tahu peserta keseluruhannya," David mengungkapkan.

Menyoal persiapan, peraih medali perunggu Paralimpiade Tokyo itu sudah menyiapkan secara optimal termasuk menjaga kesehatan jelang pertandingan yang akan dimulai dua pekan lagi.

"Ya, kurang lebih sama dengan di Tokyo, kami harus benar-benar terapkan Prokes, jaga kesehatan, kami juga pasti nanti jalani test PCR, swab antigen di Papua, yang pasti ya berbeda dengan Peparnas sebelumnya. Jadi harus benar-benar jaga kondisi, jaga prokes. Minum vitamin dan istirahat cukup," ujarnya.

Lebih dari itu, David juga antusias menghadapi Peparnas kali ini karena dia belum pernah bertanding di Papua.

"Saya belum pernah ke sana. Gambarannya ya menarik sih buat saya karena biasanya Peparnas digelar di sekitar Jawa dan saya dengar dari teman-teman yang sudah tampil di PON, venue-venue lnya bagus," kata David.

"Saya juga mau menikmati alam di sana karena kegiatannya cukup lama sementara cuma main satu nomor. Yang pasti nanti pas sudah selesai nanti saya nikmati alam Papua lah," imbuhnya.

(mcy/aff)