Jokowi Kesulitan di Tikungan Sirkuit Mandalika, Seberapa Susah?

Afif Farhan - Sport
Jumat, 12 Nov 2021 17:47 WIB
Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Presiden Jokowi Kesulitan di Tikungan Sirkuit Mandalika, Seberapa Susah? (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Mandalika -

Presiden Jokowi dibuat kesulitan oleh tikungan saat jajal Sirkuit Mandalika, Lombok. Eks pebalap nasional, Rifat Sungkar sudah jelasin seberapa susahnya!

Presiden Jokowi mengunjungi Sirkuit Mandalika, di Lombok pada Jumat (12/11). Jokowi turut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Jokowi pun menggeber motornya di lintasan balapan level dunia tersebut. Orang nomor satu Indonesia itu, menjajalnya dengan motor custom warna hijau garapan Katros Garage.

Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)Presiden Jokowi jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)

Selepas menguji Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi memberikan gambaran rasanya menggeber motor di sana. Rupanya, Jokowi cukup dibuat kesulitan!

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Meski begitu, Jokowi mengaku kalau bisa saja para pebalap profesional di Sirkuit Mandalika justru tidak akan mengalami kesulitan berarti.

"Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," ungkapnya.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP," kata Jokowi.

Asal tahu saja, Sirkuit Mandalika punya 17 tikungan. Sebelum Presiden Jokowi menjajalnya, eks pebalap nasional Rifat Sungkar sudah pernah duluan mencoba.

(Klik halaman selanjutnya, kata Rifat Sungkar soal tikungan di Sirkuit Mandalika)