Jokowi dan 17 Tikungan Sirkuit Mandalika

Afif Farhan - Sport
Sabtu, 13 Nov 2021 09:15 WIB
Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jokowi dan 17 Tikungan Sirkuit Mandalika (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Mandalika -

Presiden Jokowi akhirnya jajal Sirkuit Mandalika. Tikungannya bikin Jokowi kesulitan, eks pebalap nasional Rifat Sungkar sudah beri penjelasan duluan.

Jumat (12/11) kemarin, Presiden Jokowi bersama rombongannya mengunjungi Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB. Turut hadir beberapa menteri seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ,dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Presiden Jokowi bersama rombongan mengecek Sirkuit Mandalika. Inilah panggung untuk ajang World Superbike (WSBK) Mandalika yang digelar akhir November, serta untuk lintasan Motogp di tahun 2022 mendatang.

Jokowi tak ketinggalan, menggeber motornya di Sirkuit Mandalika!

Diketahui, Jokowi akan meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. Sebelum dua agenda tersebut, Jokowi akan menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor balap pribadinya. (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)Jokowi siap-siap menjajal Sirkuit Mandalika (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)

Presiden Jokowi naik motor custom warna hijau garapan Katros Garage. Bersama beberapa rombongan, dirinya menjelajahi Sirkuit Mandalika, yang katanya cukup sulit!

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

"Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," ungkapnya.

Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)Jokowi meliuk-liuk di Sirkuit Mandalika (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)

Eks pebalap nasional, Rifat Sungkar pada awal November kemarin meng-upload dirinya kala menjajal Sirkuit Mandalika. Rifat diberi kesempatan khusus, sekaligus merasakan sirkuitnya dari kacamata pebalap.

Akan tetapi, Rifat memakai motor biasa alias bukan motor balap. Rifat pun menjelaskan tiap tikungannya.

"Pasti nggak terlalu akurat (pakai motor biasa-red), tapi paling tidak kalian akan mendapat pandangan bagaimana 17 tikungan di sirkuit ini," katanya sebelum memulai.

Menurut Rifat Sungkar, tak sedikit tikungan di Sirkuit Mandalika yang ngeri-ngeri sedap! Sebab, ada yang terlihat seperti crash atau patah dan ada juga yang sudut tikungannya terlihat seperti menyempit!

"Tikungan kedua dan ketiga ini kalau di Sentul, antara 'S' gede dan 'S' kecil. Tikungannya 90 derajat ke kanan dan 90 derajat ke kiri," terangnya.

"Tikungan 8 ke 9 seperti nggak kelihatan, sedikit over crash. Kalau nyalinya besar full gas agak diangkat sedikit," tambahnya.

"Tikungan 11 kelihatan patah dan sempit karena prespektif mata, tapi lebar tikungan sama saja," lanjutnya.

"Tikungan 13 blind corner, 50 menit kelihatan crash. Ini tikungan menarik buat ditonton," katanya.

"On the way tikungan 17, ini tikungan terakhir patah," lanjutnya di akhir lintasan.

Rifat Sungkar mengaku, Sirkuit Mandalika begitu menantang. Andai dipakai untuk trek mobil, Rifat pasti lebih sering datang!

"Gue bukan pebalap motor, tetapi kalau ini adalah trek mobil, gue pasti sering banget datang ke sini," tutupnya sambil tertawa.

(aff/yna)