Jokowi Uji Sirkuit Mandalika, Babak Baru Dunia Otomotif Indonesia

Afif Farhan - Sport
Jumat, 12 Nov 2021 16:55 WIB
Jokowi jajal sirkuit mandalika
Jokowi Uji Sirkuit Mandalika, Babak Baru Dunia Otomotif Indonesia (Foto: Kementrian BUMN)
Mandalika -

Presiden Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok. Bagi eks pebalap Rifat Sungkar, hal itu seolah jadi babak baru untuk dunia otomotif Indonesia!

Presiden Jokowi mengunjungi Sirkuit Mandalika, pada Jumat (12/11). Jokowi turut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia serta Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia.

Jokowi pun turut menggeber motornya di lintasan balapan level dunia tersebut. Orang nomor satu Indonesia itu, menjajalnya dengan motor custom warna hijau garapan Katros Garage.

Jokowi Jajal Sirkuit MandalikaPresiden Jokowi jajal Sirkuit Mandalika (Dok. Biro Pers Istana)

Eks pebalap nasional, Rifat Sungkar memberi komentarnya soal Presiden Jokowi yang menjajal Sirkuit Mandalika. Menurutnya, itu adalah babak baru di dunia otomotif Indonesia!

"Semua pecinta otomotif melihat "babak baru" dalam dunia otomotif Indonesia dengan diresmikannya sirkuit "Pertamina Mandalika International Street Circuit" atau kalau gua singkat PERMISI," tulisnya di laman Instagram pribadinya.

Lewat akun Yotube pribadinya, Rifat Sungkar juga menampilkan bagaimana rasanya menjajal Sirkuit Mandalika. Bahkan dia menulis, sirkuit tersebut adalah yang terkeren yang pernah didatanginya.

View this post on Instagram

A post shared by Rifat Sungkar (@rifato)

Sirkuit Mandalika ini nantinya akan dipakai untuk ajang balapan World Superbike (WSBK) Mandalika pada 19-21 November 2021. Lalu di 2022 mendatang, masuk dalam kalender MotoGP.

Oleh sebab itu, Rifat Sungkar berujar kalau momen Presiden Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika adalah bak lembaran babak baru di dunia otomotif Indonesia. Tentu diharapkan, Merah Putih bisa lebih berjaya di ajang otomotif dunia.

Berdasarkan data-data yang diperoleh detikSport dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), sirkuit Mandalika akan memiliki 17 tikungan dengan total panjang sirkuit 4,31 kilometer (km).

Kemudian, sirkuit MotoGP Mandalika juga akan memiliki 40 garasi di area paddock. Kapasitas tempat duduk di grandstand akan tersedia untuk 50.000 penonton, dan area berdiri tersedia untuk 138.000 penonton. Lalu, hospitality suites akan dibangun dengan kapasitas 7.700 pengunjung.

(aff/ran)