Presiden Jokowi Pamerkan Keindahan Sirkuit Mandalika

Afif Farhan - Sport
Sabtu, 13 Nov 2021 14:45 WIB
Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jakarta -

Presiden Jokowi akhirnya menjajal Sirkuit Mandalika. Jokowi memamerkan keindahan sirkuit tersebut dalam bentuk video.

Lewat akun Youtube pribadinya, Presiden Jokowi mem-posting video terbaru. Video berjudul 'Menjajal Sirkuit Mandalika'.

Dalam video berdurasi sekitar satu menit itu, Presiden Jokowi menjelajahi Sirkuit Mandalika di Lombok dengan motor custom.

Jokowi tampak meliuk-liuk di Sirkuit Mandalika. Inilah sirkuit yang akan jadi panggung lintasan World Superbike (WSBK) Mandalika di akhir November ini dan jadi trek MotoGP Indonesia di Maret 2022 mendatang.

Dari video yang terlihat, tampak keindahan perbukitan hijau dan garis pantai, serta lautan biru. Tak ayal, Mandalika memang disiapkan jadi destinasi kelas dunia!

Pada era Menteri Pariwisata Arief Yahya (periode pertama Presiden Jokowi), Mandalika masuk dalam daftar 10 Destinasi Prioritas yang juga dikenal dengan sebutan 10 Bali Baru. Itu merupakan destinasi wisata yang akan dikembangkan di luar Bali, mengingat Pulau Dewata sudah sesak kedatangan turis.

Mandalika berada di Lombok Tengah, NTB punya luas 1.034 hektar. Alam dan bukitnya begitu cantik, plus juga sedang disiapkan beberapa fasilitas penunjang pariwisata seperti pembangunan resort kelas dunia.

Dari segi potensi wisata pantai, Mandalika mempunyai garis pantai berpasir putih sepanjang 16 km dengan 5 pantai (Kuta, Serenting, Seger, Tanjung Aan dan Grupuk) yang sangat indah.

Berdasarkan data-data yang diperoleh detikSport dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan dengan total panjang sirkuit 4,31 kilometer (km).

Kemudian, sirkuit MotoGP Mandalika juga akan memiliki 40 garasi di area paddock. Kapasitas tempat duduk di grandstand akan tersedia untuk 50.000 penonton, dan area berdiri tersedia untuk 138.000 penonton. Lalu, hospitality suites akan dibangun dengan kapasitas 7.700 pengunjung.

(aff/adp)