Piala Presiden Esports Catur Masuki Semifinal, Diramaikan 2 Grandmaster

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 30 Nov 2021 06:23 WIB
Chelsie Monica
Chelsie Monica (kanan) dan Susanto Megarantom dua grandmaster Indonesia (dok YouTube Deddy Corbuzier)
Jakarta -

Turnamen Speed Chess MPL di Piala Presiden Esports (PPE) 2021 sudah memasuki babak semifinal. Sempat dua grandmaster yang ikut meramaikan. Siapa saja?

Turnamen catur online ini adalah yang pertama kalinya dihelat di PPE. Meski baru pertama kali, antusias peserta begitu tinggi karena sejak pendaftaran ditutup pada 25 Oktober lalu, ada sekitar 40.872 peserta yang ikut.

Ini jadi bukti bahwa turnamen ini memang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pemain eSports profesional dan industri eSports lokal, terutama di nomor catur yang memang belum se-wah permainan gim pada umumnya.

Apalagi turnamen mobile game catur ini menawarkan jumlah hadiah terbesar yakni Rp 200 juta. Setelah dimulai pada 21 November lalu, sudah didapatkan empat pecatur terbaik untuk berebut tiket ke final.

Mereka adalah Leo Lucky, Kosasih, Taufik, dan Yunias Yunus, yang akan diundang ke Jakarta untuk bertanding di laga semifinal. Meski demikian, tanggal dan tempat perhelatan belum diumumkan oleh panitia.

Piala Presiden eSports 2021 Turnamen CaturPiala Presiden eSports 2021 Turnamen Catur speedmaster masuki babak semifinal Foto: Istimewa

"Kami melihat antusiasme yang begitu besar dari masyarakat Indonesia terhadap turnamen Speed Chess yang baru kali ini diadakan di ajang Piala Presiden eSports. Kami berhasil menyaring empat pemain terbaik dari lebih dari 40 ribu peserta. Yang menarik adalah banyak dari peserta yang baru pertama kalinya mengikuti kompetisi eSport dan berasal dari luar Jawa. Dari sisi usia dan profesi juga sangat beragam; ada yang anak muda hingga pensiunan. Hal ini menunjukkan peningkatan penetrasi eSport dan potensi pemain di Indonesia," ujar Layla Safira Andamawanty selaku Head of Brand Marketing MPL Indonesia dalam rilis kepada detikSport.

Nah, yang menarik adalah saat sesi kualifikasi yang disiarkan secara langsung lewat Youtube MPL Indonesia, turut hadir pula dua grandmaster Indonesia, yakni Susanto Megaranto dan Chelsie Monica.

Mereka begitu antusias melihat pertandingan catur secara online ini dan berharap muncul bakat pecatur-pecatur baru yang akan meneruskan misinya mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Saya senang sekali diberi kesempatan untuk terlibat di turnamen Speed Chess ini. Meskipun olahraga catur sudah sangat dikenal oleh masyarakat, kenyataannya tidak banyak yang menekuninya secara serius dan menjadi atlet catur profesional," ujar Susanto.

"Turnamen-turnamen catur seperti yang digelar MPL ini sangat penting perannya dalam membantu menemukan dan menumbuhkan bakat-bakat catur baru di Indonesia. Adanya game catur online seperti Speed Chess juga semakin memudahkan kita untuk berlatih menghadapi lawan-lawan yang jauh lebih kuat," sambungnya,

Sementara itu, Chelsie mengungkapkan antusiasmenya berperan sebagai caster pada babak semifinal kualifikasi turnamen tersebut.

"Selain bertanding dengan orang lain, kita juga bisa melatih kemampuan bermain catur dengan mengamati pertandingan catur orang lain. Karena itu saya selalu senang kalau ada kesempatan menjadi caster karena saya selalu dapat pengetahuan dan inspirasi baru. Di pertandingan Kualifikasi Semifinal ini karena meskipun bukan pemain profesional, mereka memiliki bakat dan karakteristik tersendiri dengan skill strategi yang tidak main-main," tutur Chelsie.

Lihat juga Video: Seputar Twitch, Tempat Streaming Duel Catur GM Irene Vs GothamChess

[Gambas:Video 20detik]




(mrp/yna)