ADVERTISEMENT

Maria Londa Syukuri Hasil dalam Kejuaraan di Thailand

Mercy Raya - Sport
Selasa, 07 Des 2021 13:35 WIB
Maria Natalia Londa memiliki tugas besar di Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang. Atlet lompat jauh itu diminta mempertahankan medali emasnya.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Maria Natalia Londa menutup pertandingan di Kejuaraan Golden Fly Series Phuket 2021 dengan lompatan terbaik 6,35 meter. Ia bersyukur hasilnya baik.

Maria, satu-satunya yang dikirimkan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengikuti Golden Fly Series yang berlangsung 3 sampai 5 Desember lalu.

Ajang ini sendiri merupakan pentas perlombaan dan hiburan (sport entertainment) khusus nomor lompat jauh dan lompat galah, yang dimasukkan dalam kategori World Challenge oleh badan atletik dunia World Athletics itu digelar di Phuket, Thailand.

Maria berhasil mencatatkan lompatan terbaiknya sejauh 6,35 meter. Torehan ini menyesuaikan dengan targetnya semula yang ingin lebih baik dari lompatan saat di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Oktober 2021. Saat itu, atlet asal Bali ini mencatatkan lompatannya 6,26 meter.

"Puji Tuhan semua berjalan baik. Untuk lompatan dengan awalan baru yang Maria coba dengan hasil 6,35 meter, menurut saya pribadi sudah baik dan ini akan menjadi bahan evaluasi ke depannya oleh pelatih agar bisa lebih baik lagi. Tapi semuanya sangat luar biasa," kata Maria Londa kepada detikSport.

Peraih medali emas Asian Games 2014 ini mengaku merasakan pengalaman berbeda saat tampil di ajang tersebut. Konsep yang digelar di luar stadium menjadi tantangan tersendiri.

"Perlombaan kali ini cukup berbeda karena dilaksanakan di tengah kota di pinggir pantai pukhet Thailand. Tepatnya bukan di (dalam) stadium. Tentu ini jadi pengalaman pertama dan sangat luar biasa bagi saya karena atletik khususnya lompat jauh dan lompat tinggi galah dibuat entertaining banget," ujarnya.

"Saya juga senang karena dalam perlombaan ini berjalan baik dan lancar. Saya juga dalam kondisi yang baik walaupun harus adaptasi pada angin karena agak berubah-ubah posisi di pinggir pantai, jadi harus hati-hati di awalan," dia menjelaskan.

Hasil kejuaraan di Thailand sendiri menjadi uji coba internasional pertamanya sejak terakhir kali pada 2019. Ajang ini bagian dari persiapannya menuju SEA Games Hanoi pertengahan Mei 2022.

Maria Londa menjadi salah satu atlet yang diproyeksikan menuju multiajang olahraga dua tahunan tersebut. Pada SEA Games 2019 di Filipina, atlet berusia 31 tahun ini merebut medali emas.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT