Menpora Amali Minta Potensi Atlet NTB Terus Dibina

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 11 Des 2021 00:50 WIB
Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali minta NTB terus membina atlet berpotensi (dok.Kemenpora)
Mataram -

Nusa Tenggara Barat sukses melahirkan Lalu Muhammad Zohri sebagai atlet berprestasi. Agar ada Zohri-Zohri lainnya, maka pembinaan harus terus dilakukan.

Hal itu dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat membuka sosialisasi Peraturan Presiden No 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Grand Imperial Ballroom, NTB, Jumat (10/12/2021) sore WIB.

Pada acara tersebut, Amali juga memaparkan bagaimana tujuan, fungsi, tahapan hingga target dari lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional.

"Saya senang NTB menjadi salah satu provinsi untuk sosialisasi DBON. Saya menilai NTB merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi atlet yang luar biasa. Jadi penting jika DBON disosialisasikan di sini," ujar Amali dalam rilis kepada detikSport.

Oleh karenanya, dengan adanya DBON, Amali berharap pembinaan atlet di NTB akan terus berjalan sehingga bisa menelurkan atlet berbakat seperti Lalu Muhammad Zohri, yang sudah mengharumkan nama Indonesia di mata internasional.

"Atlet atletik Indonesia Lalu Muhammad Zohri berasal dari NTB, dan ini sangat membanggakan. Saya ingin stakeholder olahraga di NTB untuk terus bisa melahirkan Zohri baru," sambungnya.

"Adanya DBON ini saya harapkan bisa menjadi pedoman bagi seluruh stakeholder olahraga di Indonesia, salah satunya NTB untuk terus melakukan pembinaan atlet dengan baik. Tanpa pembinaan atlet yang baik, mustahil kita akan melahirkan prestasi olahraga yang bagus."

Dalam acara itu juga, Amali mengajak seluruh stakeholder olahraga di daerah agar terus mengajak masyarakat hidup sehat dan bugar. Menurutnya tingkat kebugaran masyarakat Indonesia masih kurang.

"Dari hasil penelitian, masyarakat kita tingkat kebugarannya masih rendah. Itu bisa diukur dengan jejak langkah, rata-rata orang Indonesia setiap hari hanya berjalan 3500 langkah, padahal minimum harus 7000 langkah. Oleh karenanya DBON ini bisa teraplikasikan dengan baik dari hulu sampai hilir," papar Amali.

Sementara Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengucapkan terima kasih kepada Menpora Zainudin Amali yang mempercayakan NTB menjadi salah satu tuan rumah sosialisasi DBON.

"Terima kasih Pak Menteri yang memilih NTB menjadi salah satu provinsi untuk sosialisasi DBON. Kita di daerah siap untuk menjalankan DBON ini untuk kemajuan olahraga Indonesia," ujar Zulkieflimansyah.

(mrp/pur)