Proliga 2022 Digelar 7 Januari Tanpa Penonton

Mercy Raya - Sport
Jumat, 17 Des 2021 19:30 WIB
Lamongan Sadang MHS vs Jakarta Garuda
Proliga tahun depan digelar mulai Januar 2022. (Foto: detikSport/Arbi Anugrah)
Jakarta -

Setelah ditiadakan pada 2021, kompetisi bola voli Proliga kembali bergulir tahun depan. Ajang itu berlangsung di Bogor mulai 7 Januari hingga 27 Maret 2022.

Rencana itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Imam Sudjarwo, usai melakukan rapat koordinasi dengan Menpora Zainudin Amali, kepolisian, dan Kementerian Kesehatan. Rapat membahas pelaksanaan kompetisi Proliga dan Indonesia Basketball League (IBL) tahun depan di Kantor Kemenpora, Jumat (17/12/2021).

Dalam pengumuman tersebut, Imam menjelaskan latar belakang kembali digulirkannya kompetisi untuk mengobati kerinduan masyarakat pecinta voli setelah tahun lalu tidak ada penyelenggaraan.

"Proliga akan kami mainkan lagi mulai 7 Januari sampai 27 Maret mendatang. Jadi kali ini hanya tiga bulan, biasanya sampai lima bulan, karena setelah itu kita akan menghadapi SEA Games di Vietnam (pertengah Mei 2022)," kata Imam dalam jumpa pers virtual.

Adapun Proliga akan dihelat pada satu tempat yaitu Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto Sentul, Bogor. "Jadi semua tingkat penyisihan, empat besar, sampai final dilaksanakan di sana tanpa penonton," katanya.

"Sedangkan masyarakat yang ingin menonton akan ada penyiaran secara live. Semoga para pemain bisa menampilkan permainan terbaik," imbuhnya.

Imam sekaligus mengutarakan, kompetisi akan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai aturan COVID-19. Terutama para atlet diwajibkan sudah vaksinasi sebanyak dua kali.

"Mereka saat datang juga harus menunjukkan hasil tes swab PCR. Kemudian ditampung di Padepokan. Setiap akan masuk pertandingan mereka akan melakukan swab antigen lebih dulu," katanya.

Sementara itu, Kabagrenops Robinops Sops Polri, Kombes Pol. Wawan Krisyanto, yang hadir dalam jumpa pers tersebut menyatakan dukungan dalam pelaksanaan event olahraga tersebut.

"Kami sudah mendengar dan melihat bagaimana protokol kesehatan akan ditetapkan secara ketat baik di Proliga maupun IBL. Terkait hal tersebut Polri sangat mendukung dengan kegiatan-kegiatan olahraga. Namun, kami tetap menunggu surat khususnya dari IBL untuk ditujukan kepada Bapak Kapolri, terkait perizinan dari kepolisian, disertai dengan rekomendasi-rekomendasi baik dari Satgas COVID-19 maupun Kemenpora," kata Wawan.

"Setelah ada rekomendasi itu kami akan menerbitkan surat izin penyelenggaraan IBL. Demikian juga Proliga, karena hanya dilaksanakan pada satu tempat nanti surat izin cukup dari Kapolda," Wawan menambahkan.



Simak Video "Tatap Proliga 2022, Samator dan Popsivo Bertekad Kawinkan Gelar"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)