Penting Nggak Sih Latih Kekuatan Mental? Ini 3 Manfaatnya

ADVERTISEMENT

Penting Nggak Sih Latih Kekuatan Mental? Ini 3 Manfaatnya

Angga Laraspati - Sport
Jumat, 17 Des 2021 20:19 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pernahkah kamu berpikir untuk melatih kekuatan mental? Ternyata hal ini sangat penting dilakukan, karena mental yang kuat bisa memberikan beberapa manfaat bagi kehidupan, nggak percaya?

Sebelum itu, kamu tahu tidak kalau ternyata beberapa orang memiliki sekitar 70.000 pikiran setiap harinya, dan itu mampu mempengaruhi emosi yang dimiliki. Meskipun seseorang tak dapat mengontrol pikirannya, namun mereka punya kemampuan untuk menanggapi pikiran tersebut.

Nah, kemampuan untuk menanggapi pikiran tersebut biasa disebut dengan kekuatan mental. Jadi, bisa diambil kesimpulan memang kekuatan mental sangat penting untuk dimiliki. Bahkan, dilansir dari Inc, ada 3 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melatih kekuatan mental, apa sajakah itu?

Kepuasan Hidup Lebih Besar

Dengan membangun kekuatan mental, maka kamu juga bisa lebih mudah untuk menerima segalanya. Anda juga dapat lebih menikmati hidup sepenuhnya, sebab percaya tak percaya kamu sudah bisa mengubah sebuah tantangan menjadi sebuah peluang.

Meningkatnya kekuatan mental juga akan membuat kamu lebih pede dalam mengambil setiap keputusan. Selain itu, kamu juga akan lebih memahami nilai-nilai yang tertuang di dalam dirimu dan mengetahui prioritas yang kamu miliki.

Kinerja Meningkat

Mau meraih sukses dalam bekerja? Meningkatkan kekuatan mental bisa menjadi kuncinya. Entah dirimu adalah seorang atlet atau non atlet kekuatan mental akan membantumu mencapai potensi terbesar yang kamu miliki.

Hal ini disebabkan kekuatan mental mampu untuk mengelola pikiran, mengatur emosi, dan meningkatkan produktivitas. Dengan ini, kamu bisa memfokuskan diri pada hal-hal yang paling penting.

Meningkatkan Ketahanan Diri

Setiap apa yang terjadi di dunia ini tentu tidak bisa kamu kendalikan, apalagi hal-hal yang sekiranya membuatmu bersedih atau merasa kesulitan. Nah, dengan mental yang kuat, kamu bisa melewati dan mengendalikan masa-masa tersebut.

Ketika kamu kuat secara mental, kamu mampu untuk menghadapi semua tantangan yang menghadang. Tapi, kekuatan mental tak hanya untuk masa-masa sulit saja lho. Penting untuk mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari juga.

Jadi ketika kekuatan mental kamu meningkat memungkinkan kamu untuk mendapatkan kepercayaan diri dalam kemampuan untuk menghadapi masalah apapun yang kamu hadapi.

Kekuatan mental ini juga tengah digaungkan oleh Under Armour lewat kampanye The Only Way is Through (TOWIT). Kekuatan mental bisa menjadi faktor pendorong bagi seseorang untuk menjadi lebih baik.

Under Armour melihatnya sebagai masalah penting yang harus dikembangkan sebelum berbicara lebih lanjut tentang olahraga dan kebugaran lainnya. Inspirasi tentang kekuatan mental ini bisa dilihat dari sosok Rio Maholtra, yang berhasil memenangkan medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua kemarin.

Ia berhasil meraih rekor nasional dalam cabang lari dan mendapatkan medali emas. Rio yang juga seorang Paspampres harus berjuang selama pelatihannya dengan semua kondisi dan dinas militernya. Tapi Rio membuktikan dirinya dengan mental kuat dan berhasil menjadi juara.

Contoh lainnya adalah Under Armour Athlete Global, Adinda Sukardi yang pernah berjuang di titik nol dirinya kebugaran selama pandemi untuk dapat bangkit kembali dan mencapai lebih banyak.

"Saya berada di posisi terendah. titik hidup saya, di mana saya tidak bisa melatih. Ini membawa saya turun cukup sedikit, tapi aku berhasil menemukan kekuatan mental saya, dan itu menyelamatkan saya dari jatuh," kata Adinda Sukardi dalam keterangan tertulis, Jumat (17/12/2021).

Sebagai informasi, TOWIT adalah kampanye tahunan dari Under Armour, yang tahun ini mengambil tema mental. Nantinya dalam kampanye ini akan ada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan kekuatan mental. kampanye, dan akan berkolaborasi dengan beberapa pusat kebugaran di Jakarta untuk kelas khusus yang terkait untuk kekuatan mental.

Selain itu, nantinya seluruh Atlet UA akan aktif untuk berbagi secara pribadi media sosial mereka yang berlatih untuk kekuatan mental dengan hashtag khusus untuk kampanye ini.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT