Proliga 2022 Jadi Ajang Seleksi SEA Games Hanoi

Mercy Raya - Sport
Selasa, 21 Des 2021 13:15 WIB
Lamongan Sadang MHS vs Jakarta Garuda
Ilustrasi Proliga (Foto: detikSport/Arbi Anugrah)
Jakarta -

Proliga 2022 bakal menjadi ajang seleksi tim nasional voli Indonesia yang akan berlaga di ajang SEA Games Hanoi 2022.

Ketua III bidang Kompetisi PP PBVSI Hanny S. Surkatty yang mengungkapkan hal tersebut saat jumpa pers Proliga di Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Bertajuk PLN Mobile Proliga 2022, kompetisi kasta tertinggi bola voli di Indonesia akan berlangsung 7 Januari hingga 27 Maret 2022 di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor. Ada enam tim putra dan lima tim putri dipastikan keikutsertaannya dalam ajang yang memasuki tahun ke-20 ini.

Tim dari sektor putra ialah Jakarta BNI 46, Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, serta dua pendatang baru yakni Bogor LavAni, dan Kudus Sukun Badak. Sedangkan sektor putri terdiri dari Jakarta Popsivo Polwan, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia, Jakarta Pertamina Fastron, dan Jakarta Elektrik PLN.

Bagi PP PBVSI, kompetisi Proliga ini menjadi ajang seleksi dalam membentuk tim nasional yang dipersiapkan menuju SEA Games di Vietnam pada 12 sampai 23 Mei 2022.

"Di proliga ini sebagai ajang pemilihan pemain-pemain yang akan pelatnas di SEA Games Vietnam nanti. Jadi dari Proliga langsung masuk ke Pelatnas dan diberangkatkan ke Vietnam 12 Mei mendatang," kata Hanny.

"Tentu karena sudah lama vakum (Proliga) pastinya tim-tim ingin memberikan yang terbaik pada kompetisi tersebut," imbuhnya.

Ketua III bidang Kompetisi PP PBVSI Hanny S. SurkattyKetua III bidang Kompetisi PP PBVSI Hanny S. Surkatty (Mercy Raya/detikSport)

Tak hanya sebagai ajang seleksi, Proliga tahun depan juga akan berjalan lebih singkat ketimbang sebelumnya yang dihelat selama lima bulan. Tujuannya, agar Timnas juga mendapatkan waktu persiapan.

Pada SEA Games 2019, Timnas voli putra Indonesia meraih medali emas. Sedangkan Timnas voli putri hanya mampu merebut medali perunggu. "Kali ini kami hanya tiga bulan, biasanya sampai lima bulan karena setelah itu kami akan menghadapi SEA Games," kata ketum PP PBVSI Imam Sudjarwo sebelumnya.

"Mudah-mudahan para pemain bisa memberikan permainan yang terbaik," imbuhnya.

Tonton juga Video: Kilap Aprilia Manganang, Eks Pevoli Putri yang Dinyatakan Laki-laki

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)