ADVERTISEMENT

Proliga 2022 Pakai Sistem Semi Bubble

Mercy Raya - Sport
Selasa, 21 Des 2021 13:55 WIB
Ketua III bidang Kompetisi PP PBVSI Hanny S. Surkatty
Foto: Via zoom
Jakarta -

Proliga 2022 akan bergulir dalam waktu dekat. Turnamen olahraga bola voli ini akan menerapkan sistem semi bubble.

Proliga 2022 akan berlangsung 7 Januari hingga 27 Maret 2022 dan terpusat di satu lokasi, yaitu di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

Namun, tak semua peserta klub akan tinggal di kawasan yang memuat sekitar 200 orang tersebut. Sejumlah klub diizinkan tinggal di luar padepokan.

"Kompetisi tetap sama seperti Proliga sebelumnya berlangsung putaran 1, putaran 2, semifinal, dan final. Tapi untuk sistemnya bisa dibilang semi bubble," kata Ketua III bidang Kompetisi PP PBVSI Hanny S. Surkatty dalam jumpa persnya, Selasa (21/12/2021).

Hanny mengatakan, seluruh panitia yang akan berkiprah di Proliga akan tinggal di Sentul, namun untuk klub-klub diperbolehkan di luar Sentul. "Sebab, Sentul ini tempatnya cukup terbatas, hanya bisa menampung sekitar 200 peserta. Jadi tidak bisa seluruh klub masuk di sana."

Kendati menerapkan sistem semi bubble, Hanny memastikan protokol kesehatan Proliga akan berjalan ketat. Salah satunya, memastikan seluruh peserta baik atlet, ofisial, dan perangkat pertandingan tes kesehatannya negatif COVID-19 sebelum masuk ke area pertandingan.

"Setiap mereka bertanding selalu ada tes di tempat sebelum mereka masuk ke dalam lokasi pertandingan. Jadi bedanya dengan Proliga sebelumnya, tahun ini setiap klub baru dapat menulis nama-nama pemainnya yang akan bertanding di hari H setelah tes mereka negatif," dia menjelaskan.

"Tetapi jika ada yang positif, kami sudah bekerja sama dengan IMC Sentul dan langsung akan dirujuk ke sana. Mudah-mudahan tidak ada ya. Intinya, penentuan nama-nama pemain setiap harinya itu ditentukan oleh hasil negatif mereka saat tes (swab) Antigen," imbuhnya.

"Setelah itu, mereka bisa masuk lokasi pertandingan. Lalu mereka keluar digantikan dengan tim selanjutnya yang akan bermain di hari tersebut. Begitu pula dengan panitia, tim produksi, dan hampir seluruh dewan hakim, wasit, semua yang tinggal di Sentul (penerapannya sama) selalu dites setiap hari," Hanny menegaskan prokes Proliga 2022.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT