Proliga 2022: Target Tinggi, Jakarta Elektrik PLN Rekrut Pemain Azerbaijan

Mercy Raya - Sport
Kamis, 06 Jan 2022 06:30 WIB
Pemain asing Jakarta Elektrik PLN Odina Aliyeva
Odina Aliyeva, pemain asing Jakarta Elektrik PLN untuk mengarungi Proliga 2022 (Foto: dok. Jakarta Elektrik PLN)
Jakarta -

Tim bola voli putri Jakarta Elektrik PLN menggandeng pemain asing Azerbaijan demi memenuhi target tinggi di Proliga 2022.

Jakarta Elektrik PLN merekrut Odina Aliyeva yang bekebangsaan Azerbaijan. Dia jadi satu-satunya pemain asing yang dimiliki Jakarta Elektrik PLN di putaran pertama kompetisi bola voli kasta tertinggi musim 2022.

"Akan ada satu lagi (pemain asing)," kata pelatih Jakarta Elektrik PLN Risco Herlambang dalam jumpa pers virtual Rabu (5/1/2021).

Keikutsertaan Odina di Proliga ini bukan kali pertama. Ia juga pernah tampil di musim 2020, tapi bersama Jakarta Pertamina Energi.

Kala itu, Odina berhasil membawa timnya melaju ke babak final four sebelum akhirnya liga dihentikan tanpa adanya juara imbas pandemi COVID-19.

Selain itu, pevoli berusia 31 tahun tersebut tercatat pernah berkompetisi di liga bola voli putri Amerika Serikat (AS) Athletes Unlimited Pro League. Sejumlah bekal pengalaman itu pula membuat Risco kian percaya kemampuan pemain asingnya tersebut.

"Odina bukan pemain sembarangan dan meski tim dihuni pemain muda tapi mereka memiliki pengalaman bermain yang cukup. Jadi saya optimistis," katanya.

"Tujuan pertama adalah masuk final four. Setelah itu baru membicarakan target selanjutnya," lanjut Risco Herlambang yang membawa tim Jawa Barat juara pada PON XX Papua.

Tim putri Jakarta Elektrik PLN seperti diketahui sudah mengoleksi enam gelar juara Proliga yaitu pada 2004, 2009, 2011, 2015, 2016, dan 2017.

Pada 2020, mereka memutuskan absen sebelum akhirnya musim ini kembali menjadi peserta kompetisi. Mereka akan beraaing dengan Jakarta Popsivo Polwan, Bandung bjb Tandamata, Petrokimia Gresik, dan Jakarta Pertamina Fastron.

(mcy/nds)