KONI Pusat Dorong Kegiatan Olahraga di Papua Barat

Mercy Raya - Sport
Rabu, 19 Jan 2022 17:12 WIB
KONI Pusat
Foto: (dok KONI)
Jakarta -

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman berharap Papua Barat bisa mengembangkan sport tourism di daerahnya. Minimal, dimulai dengan kompetisi olahraga lebih dulu.

Hal tersebut diutarakan eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu saat menerima kunjungan KONI Provinsi Papua Barat, di kantornya kawasan Senayan, pada Rabu (19/1/2022).

Ketum KONI Pusat didampingi Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Organisasi Kol Purn Ishak Setyadi Sjam dan Wakabid Media dan Humas Tirto Prima Putra.

Salah satu tujuan dari kunjungan tersebut adalah meminta bimbingan KONI Pusat sebelum menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov).

Adapun Wakil Ketua II KONI Papua Barat Sugestiono didampingi Sekretaris Umum (Sekum) Jhoni Saiba, Bendaraha Alex Wamaer, bagian organisasi Yohanes Kristoffel dan Dalton Maniagasi.

"Potensi Sports Tourism Papua Barat sangat sayang jika tidak dimanfaatkan maksimal. Saya berharap adanya kompetisi olahraga yang memperkenalkan pariwisata Papua Barat, seperti Raja Ampat dan lainnya. Melalui olahraga, kita kenalkan Papua Barat yang sangat kaya," kata Marciano dalam keterangan tertulis yang diterima detikSport.

"KONI Papua Barat harus menjadi KONI percontohan yang berhasil mengembang Sport Tourism," dia menegaskan.

KONI Pusat (dok KONI)

Dalam audiensi tersebut, Ketum KONI Pusat juga berpesan agar jajaran pengurus KONI Papua Barat mendukung penuh Ketum KONI Papua Barat Dominggus Mandacan, yang juga mengemban amanah sebagai Gubernur Papua Barat.

Untuk itu, jajaran pengurus harus aktif bekerja mengupayakan peningkatan kualitas pembinaan olahraga prestasi.

"Sebanyak 39 cabang olahraga yang dinaungi KONI Papua Barat harus dibina dengan baik oleh jajaran pengurus. Papua Barat pasti bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi tingkat nasional dan kemudian mewakili Indonesia pada kompetisi internasional," harap Marciano.

(mcy/aff)