Pegokar Qarrar Firhand Ali Sudah Debut di Italia, Bagaimana Hasilnya?

ADVERTISEMENT

Pegokar Qarrar Firhand Ali Sudah Debut di Italia, Bagaimana Hasilnya?

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 14 Feb 2022 22:15 WIB
Qarrar Firhand Ali
Qarrar Firhan Ali saat beraksi di Italia (Istimewa)
Lonato -

Pegokar cilik asal Indonesia Qarrar Firhand Ali sudah melakoni debut di tim barunya asal Italia. Bagaimana hasilnya?

Al, demikian dia akrab disapa, memang sudah meninggalkan Indonesia sejak bulan lalu untuk gabung ke tim gokar Italia, Intrepid Driver Program. Tim tersebut dikenal banyak melahirkan pebalap top F1 saat ini seperti juara dunia Max Verstappen, Charles Leclerc, dan George Russell.

Di sana, Al memang ditempa untuk menaikkan skill membalapnya agar makin siap menghadapi persaingan di level internasional. Selain itu, Al juga diasah mental bertandingnya.

Perlombaan besar pertama Al adalah WSK Super Master di South Garda Karting Circuit, Lonato, Italia yang tuntas, minggu (13/2/2022) sore waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Dari 108 peserta, Al bisa finis posisi ke-23 di pre final. Memang itu tak membawa Al lolos ke putaran kedua kejuaraan tersebut, tapi pencapaian itu tetap diacungi jempol.

Qarrar Firhand AliQarrar Firhand Ali Foto: Istimewa

Sebab balapan itu adalah salah satu rangkaian WSK Series, kompetisi balap gokar tertinggi di Eropa. Al meraih posisi ke-48 pada sesi kualifikasi hari Jumat (11/2/2022)

Peserta yang terbagi atas 6 grup dan masing-masing grup terdiri atas 18 pembalap yang di perlombakan per 2 grup untuk setiap heat dari total 5 heat akhirnya ditentukan maju ke babak berikutnya, babak Pre Final berkat penampilan ciamik di babak sebelumnya.

Pada sesi heat hasil terbaik yang dicapai Qarrar adalah finish di posisi ke 8, dari total 5 heat yang dilombakan. Qarrar masuk ke babak Pre Final berdasar hasil perhitungan point yang diperolehnya, hanya 70 orang yang berhak masuk ke sesi Pre Final.

Pada Sesi Pre Final yang di mulai Minggu pukul 11.20 waktu setempat, atau pukul 18.20 WIB, Al harus puas dengan finis ke-23. Total hanya ada 2 grup yang selanjutnya memperebutkan posisi 1-17 untuk berhak masuk ke Final sehingga Al harus puas dengan posisinya di Pre Final.

Al sebelumnya juga telah mengikuti seri WSK Championship Cup Italia, 19 -23 Januari 2022 dan WSK Super Master round pertama pada tanggal 26-30 Januari 2022 dengan hasil masuk ke babak prefinal.

"Saya cukup puas. Tapi, tetap berharap lebih baik lagi di next round," tutur Qarrar Firhand Ali dalam rilis kepada detikSport.

Sementara itu, manajer Jimmy Akbar memastikan Al akan kembali mengikuti Kejuaraan Winter ROK Cup Italy Championship, 26-27 Februari di Sirkuit South Garda Karting.

"Mohon doa agar Al bisa mencapai yang terbaik," papar Jimmy.

(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT