Menpora: Peran Penting Guru untuk Prestasi Olahraga Indonesia

ADVERTISEMENT

Menpora: Peran Penting Guru untuk Prestasi Olahraga Indonesia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 13 Mar 2022 22:27 WIB
Menpora Zainudin Amali meresmikan Pengurus Pusat dan Pengurus Provinsi seluruh Indonesia IGORNAS di Auditorium Wisma Kemenpora beberapa hari lalu.
Menpora Zainudin Amali resmikan Pengurus Igornas (Foto: dok.Kemenpora)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengakui peran penting guru dalam regenerasi atlet. Sebab, calon atlet memang harus dibina sejak dini.

Hal ini dikatakan Amali dalam pengukuhan Pengurus Pusat dan Pengurus Provinsi seluruh Indonesia IGORNAS di Auditorium Wisma Kemenpora, Kamis (10/3) lalu.

Amali dalam kepengurusan IGORNAS menjadi Dewan Pembina. Sementara Ketua Umum Pengurus Pusat yakni Dikdik Setia Munardi, M.Pd. Sementara Sekretaris Jenderal, M. Taufik, S.Pd dan Bendahara Umum, Ganjar Ramdani S, M.Pd

Menurut Amali, olahraga begitu kental di masyarakat Indonesia sedari dini, karena memang mata pelajarannya masuk dalam kurikulum nasional. Oleh karenanya, perlu adanya guru-guru olahraga berkualitas sehingga nantinya bisa mencetak atlet-atlet top di masa depan.

Sebab hanya dari masyarakat yang bugar bisa menghasilkan talenta-talenta untuk bisa berprestasi di tingkat internasional.

"Guru-guru olahraga sangat punya peranan penting terhadap kebugaran masyarakat dan juga pengembangan prestasi olahraga. Tanpa kehadiran beliau-beliau, guru olahraga di berbagai tingkatan baik tingkat SD, SMP, SMA kita tidak mungkin bisa mencapai tingkat kebugaran masyarakat secara optimal," kata Amali dalam rilis kepada detikSport.

Di sisi lain, sejalan dengan lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang menjadi roh UU Keolahragaan dan baru saja disahkan DPR, maka kehadiran guru- guru olahraga sangat penting untuk implementasi DBON.

"Jadi sekali lagi saya sangat berharap, peran aktif dari para guru olahraga di seluruh Indonesia untuk mendukung implementasi DBON,"

Lebih lanjut, Menpora Zainudin Amali menegaskan bahwa pemerintah, terutama Kemenpora sangat terbuka untuk melakukan kerja sama dan bersinergi di berbagai hal dengan IGORNAS.

"Saya sampaikan IGORNAS rumahnya di Kementerian Pemuda dan Olahraga," pungkasnya.

(mrp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT