Windy Cantika ke Kejuaraan Dunia Junior Sebelum SEA Games 2021

Mercy Raya - Sport
Rabu, 06 Apr 2022 21:05 WIB
TOKYO, JAPAN - JULY 24: Bronze medalist Windy Cantika Aisah of Team Indonesia poses with the bronze medal for the Weightlifting - Womens 49kg Group A on day one of the Tokyo 2020 Olympic Games at Tokyo International Forum on July 24, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Chris Graythen/Getty Images)
Windy Cantika Aisah akan tampil di Kejuaraan Dunia Junior Angkat Besi sebelum ke SEA Games. (Foto: Getty Images/Chris Graythen)
Jakarta -

Lifter putri Windy Cantika Aisah bakal terjun di Kejuaraan Dunia Junior sebelum tampil di SEA Games 2021. Ajang itu hanya sebagai sasaran antara.

Kejuaraan Dunia Junior akan berlangsung di Heraklion, Yunani, mulai 2-10 Mei mendatang. Kemudian dua hari berikutnya, SEA Games 2021 Hanoi dimulai sampai 23 Mei mendatang.

Meskipun waktunya mepet, PB PABSI tetap mengirimkan atletnya untuk mengikuti dua event tersebut. Termasuk salah satunya Windy Cantika Aisah.

Pelatih Nasional Angkat Besi Dirdja Wihardja mengatakan ada lima lifter yang dikirim ke kejuaraan tersebut, namun hanya dua di antaranya yang lanjut ke multievent di Vietnam, pada 12 -23 Mei mendatang.

"Dari kelima atlet itu hanya (Windy) Cantika dan Rizky (Juniansyah) yang ikut di SEA Games. Sementara tiga lainnya hanya untuk Kejuaaran Dunia Junior saja, di antaranya Muhammad Faathir dan Juliana Klarisa," kata kata Dirdja ketika ditemui di Mess Kwini, Rabu (6/4/2022).

Sebagai informasi, Rizki merupakan juara dunia junior 2021 di kelas 73 kg. Ia mendapatkan meraih medali emas pada angkatan snatch 155 kg dan clean and jerk 194 kg.

Sementara Windy Cantika selain peraih medali emas SEA Games di kelas 49 kg, ia juga pemegang gelar juara dunia di angkatan snatch dengan angkatan terbaik 86 kg dan angkatan clean ad jerk 105 kg.

"Yang jelas tujuannya untuk menambah jam terbang atlet karena tahun ini cukup berat. Sebab, November ini sudah mulai kualifikasi Olimpiade lagi," Dirdja menegaskan.

"Kami akan fokus raih tiket dulu semaksimal mungkin, kalau SEA Games dan Kejuaraan Dunia hanya sasaran antara saja," dia mempertegas.

Dirdja juga mengatakan tak akan mematok target khusus buat Windy dkk. Ia hanya ingin lifter-nya bisa tampil terbaik dengan persiapan yang sudah dijalani semaksimal mungkin selama Pelatnas ini.



Simak Video "PBESI Beri Bonus Atlet eSports Peraih Medali SEA Games 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/raw)