PB PASI Gaet Pelatih asal Jamaika agar Lalu Zohri Cs Kian Sip

Mercy Raya - Sport
Rabu, 13 Apr 2022 20:10 WIB
Atleti lari nasional, Lalu Muhammad Zohri, berlatih di Stadion Madya, Jakarta, menjelang Olimpiade Tokyo 2020.
PB PASI mendatangkan pelatih asal Jamaika untuk menangani Lalu Zohri cs. (Foto: dok. Komite Olahraga Indonesia)
Jakarta -

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan mendatangkan pelatih dari Jamaika untuk persiapan Lalu Zohri dkk menuju SEA Games dan Asian Games.

Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung yang menyampaikan rencana tersebut terkait program atletik menuju dua multievent terdekat pada tahun ini.

Seperti diketahui, Jamaika merupakan negara pencetak pelari dunia salah satunya Usain Bolt. "Pelatih asing sudah ada dari Jamaika. Rencananya Juni datang ke sini," kata Tigor di Hotel Atlet Century, Senayan, Rabu (13/4/2022).

"Tapi dia akan tetap memperkuat tim SEA Games (Vietnam). Jadi nanti ada konsultasi online. Tujuannya satu supaya pada saat berlangsung ajangnya, para atlet kita dalam kondisi puncak (peak perfomance)," dia menjelaskan.

SEA Games akan dilangsungkan di Vietnam mulai 12-23 Mei. Di ajang itu, PB PASI mematok target delapan medali emas. Lalu Muhammad Zohri menjadi salah satu yang diandalkan.

Bagaimana pun, atlet asal Lombok itu saat ini masih menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Catatan waktu terbaiknya 10,03 detik yang ia bukukan pada 2019 silam.

Setelah multievent itu, PB PASI berencana mengirim sejumlah atlet Pelatnas ke Jamaika selama lebih dari satu bulan. Kali ini tujuannya untuk Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, 10 sampai 25 September.

"Siapa atletnya nanti akan diseleksi oleh pelatih Agus Ngamel. Di kepala saya atlet nomor 4x100 meter, karena jagoannya di sana (Jamaika) nomor-nomor sprint," tuturnya.

"Nanti sekitar pertengahan Juli sampai Agustus baru lah pelatihnya yang akan datang kembali ke sini lagi. Sebab, nanti ada Kejuaraan Dunia Atletik," imbuhnya.

World Athletics Championships Oregon 2022 yang berlangsung 15 sampai 24 Juli di Amerika Serikat. Selain pelatih dari Jamaika, PB PASI juga berencana merekrut pelatih asal Amerika Serikat. Namun, sampai saat ini masih dalam proses.

(mcy/cas)