Kemenpora Tak Cuma Olahraga, tapi Juga Membantu Ekonomi RI

Tim Detikcom - Sport
Minggu, 24 Apr 2022 23:01 WIB
Kemenpora RI
Kemenpora juga bertugas membangkitkan perekonomian RI (dok.Kemenpora)
Mamuju -

Kementerian Pemuda dan Olahraga tak cuma mau membantu olahraga bergulir lagi di masa pandemi COVID-19. Tapi, perekonomian juga jadi fokus Kemenpora.

Olahraga Indonesia praktis terhenti setelah pandemi menyerang pada Maret 2020. Selama setahun roda perekonomian atlet, klub, dan yang berhubungan dengan olahraga menjadi terganggu.

Adalah Kemenpora melalui menterinya Zainudin Amali yang mengizinkan kompetisi sepakbola bergulir lagi lewat turnamen Piala Menpora 2021 yang dilanjutkan Liga 1 dan Liga 2 pada bulan Agustus.

Menyusul sepakbola, ada juga kompetisi basket, bola voli, dan kegiatan olahraga lainnya bisa bergulir. Meski demikian, tugas Kemenpora tak cuma membangkitkan perekonomian di bidang olahraga.

Tapi, mereka juga punya peran untuk membangkitkan ekonomi di luar olahraga, karena fungsi Kemenpora juga sebagai kementerian yang mewadahi para pemuda. Oleh karenanya Kemenpora juga merasa punya peran untuk menumbuhkan minat kewirusahaan pemuda demi menjaga ekonomi Indonesia tetap bergerak naik.

Inilah yang dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Ni'am Sholeh dalam Kegiatan Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (23/4/2022).

Menurut Ni'am, dampak pandemi Covid-19 belum berakhir sepenuhnya karena masih banyak perusahaan yang kesulitan ekonomi sehingga banyak menambah angka pengangguran terutama untuk para lulusan perguruan tinggi.

Oleh karenanya, Kemenpora merasa wajib untuk terus memberikan penyuluhan kepada para pemuda agar bisa mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Sementara di Negara-negara maju mampu recovery cepat dan sejahtera karena memiliki jumlah penduduknya berwirausaha yang tinggi dan diantaranya berkerah putih. Jika jumlah populasi penduduk Indonesia berwirusaha semakin meningkat maka banyak pengusaha merekrut karyawan sehingga akan tercipta lapangan kerja baru" ujar Ni'am dalam rilis kepada detikSport.

"Jika hal ini tercapai tentulah pemulihan perekonomian menjadi lebih cepat dan kesejahteraan juga tercapai," sambung akademis UIN Syarif Hidayatullah ini.

Wakil Gubernur Sulawesi barat Eny Angtaeni Anwar mengapresiasi langkah Kemenpora atas atensi serius pada generasi muda khususnya kepada para pengusaha muda.

"Pemuda adalah salah satu modal utama kemajuan bangsa pada masa yang akan dating, dan mendidik pemuda saat ini, sama dengan mempersiapkan sebarisan besar pasukan perang, yang akan membentengi bangsa ini pada masa yang akan datang" papar Eny.

Lebih lanjut Eny meminta para pemuda di daerahnya untuk berani menjadi wirausaha agar bisa membantu membangkitkan perekonomian nasional.

"Walaupun jumlahnya terus berkembang, kita jauh tertinggal dari bangsa lain, yang generasi mudanya cenderung menjadi motor kemajuan ekonomi," tutupnya.

(mrp/bay)