ADVERTISEMENT

PP Kick Boxing: Tim Review PPON Sudah Bekerja dengan Baik

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 25 Apr 2022 00:07 WIB
Kick Boxing
PP Kick Boxing percaya dengan kinerja Tim Review PPON (dok. Kick Boxing)
Jakarta -

Tim Review PPON Kemenpora diyakini sudah bekerja dengan baik untuk menyeleksi atlet Indonesia di SEA Games 2021. Para cabor harus mempercayai pilihan tim itu.

Polemik soal Tim Review Kemenpora muncul setelah pesenam Sutijati Narendra tidak diikutsertakan ke dalam kontingen SEA Games bulan depan. Padahal Sutijati merasa sudah berlatih sebaik mungkin untuk mendapatkan tempat.

Hal ini pun jadi sorotan di publik dan membuat Komisi X DPR RI meminta Tim Review membuka data soal hasil tinjauannya. Meski demikian, Tim Review tetap pada keputusannya untuk membawa hanya 31 cabor dan sekitar 476 atlet.

Keputusan ini diambil dikarenakan SEA Games hanyalah sasaran antara sebelum tampil di Asian Games 2022 dan Kualifikasi Olimpiade 2024. Selain itu, Kemenpora juga melihat anggaran dana pemerintah yang tidak begitu besar untuk ajang ini, dikarenakan pandemi COVID-19.

Kick Boxing sebagai salah satu cabor yang terkena dampak pencoretan jumlah atlet SEA Games 2021 menerima dengan lapang dada. Sebab PP Kick Boxing menilai keputusan Tim Review sudah tepat dengan segala pertimbangannya.

Dia pun meminta semua pihak terutama para cabor untuk percaya dengan penilaian para ahli yang berada di Tim Review. Sebab menurut Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), tim Review hadir sebagai filter.

"Kita harus percaya penuh terhadap Tim Review, mungkin kalau dalam hati kok begini, kok begini, tapi kan kita bukan ahlinya. Mereka bekerja pasti punya dasar untuk menilai atau mereview dan kita percayakan kepada itu," ucap Ngatino selaku Ketua Umum PP Kick Boxing (PP KBI) dalam rilis kepada detikSport.

"Insha Allah mereka sudah bekerja dengan baik, meskipun tadinya kami Kick Boxing mengusulkan 10 atlet untuk diberangkatkan ke SEA Games 2021 Hanoi, tapi dua dihapus, ya kami menerima itu, karena pasti mereka punya pertimbangan-pertimbangan," sambungnya.

"Tim Review itu kan ibarat sebagai filter, sehingga dengan adanya filter itu tentu kita para cabor harus tahu diri dan juga harus mempersiapkan diri (atlet) semaksimal mungkin bagaimana kita bisa lolos dari filter itu, karena itu yang penting, sehingga kita harus benar-benar dalam persiapan dan menunjukkan prestasi."

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Hetifah Sjaifudian menyebut jika pihaknya mengapresiasi langkah Tim Review terkait sistem pemberangkatan cabang olahraga dan atlet ke SEA Games 2021.

Apresiasi itu pun hadir setelah menilai cara kerja Tim Review PPON itu sangat selektif dalam melaksanakan tugasnya. Apalagi tim tersebut dihuni oleh para akademisi dari berbagai perguruan tinggi, praktisi olahraga, KONI dan KOI/NOC Indonesia

"Saya memberikan apresiasi terhadap Tim Review PPON yang memberangkatkan atlet Indonesia dengan berpotensi meraih emas di SEA Games 2021 Hanoi. Proses itu dijalankan secara bertahap. Kami dukung proses sportif untuk memberangkatkan atlet terbaik kita," papar Hetifah Sjaifudian.

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT