Asian Games Sesuai Jadwal, Tim Indonesia Lega Bisa Fokus Persiapan

Mercy Raya - Sport
Selasa, 26 Apr 2022 16:45 WIB
Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari.
Rajasapta Oktohari menegaskan Asian Games 2022 tak ditunda. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Dewan Olimpiade Asia (OCA) memastikan pelaksanaan Asian Games di Hangzhou pada September mendatang masih sesuai jadwal. Hal itu diungkapkan sebagai respons munculnya isu penundaan gelaran pesta olahraga empat tahunan terbesar di Asia tersebut.

Mengutip Antara, dijelaskan bahwa ajang sekelas Olimpiade itu dijadwalkan berlangsung September tahun ini di Hangzhou, dekat Shanghai, yang bergulat menghadapi keadaan darurat COVID-19. "Belum ada keputusan yang dibuat tetapi ada kemungkinan ditunda," sebut pejabat yang bekerja pada badan olahraga Dewan Olimpiade Asia.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengonfirmasi langsung terkait kebenaran rumor tersebut kepada OCA.

Melalui sambungan telepon ke salah seorang pejabat OCA, Oktohari menanyakan kepastian penyelenggaraan Adian Games. Dalam pembicaraan tersebut, OCA menjelaskan Asian Games Hangzhou tetap berlangsung sesuai jadwal, yakni 10-25 September.

"Kami mendapatkan konfirmasi dari OCA. Mereka menyampaikan isu tersebut tidak benar," kata Oktohari, dalam rilisnya.

"OCA juga menerangkan sudah berkoordinasi dengan Hangzhou Asian Games Organising Committee terkait persiapan, baik itu media meeting hingga persiapan menuju Asian Games seperti fun run dan lainnya."

Oktohari menyayangkan beredarnya isu penundaan Asian Games Hangzhou. Dengan adanya konfirmasi dari OCA, Oktohari meminta pihak-pihak lain tidak membuat rumor ini menjadi bola panas, yang dikhawatirkan dapat mengganggu persiapan atlet-atlet Indonesia.

"Kami mengimbau kepada pengurus federasi nasional (NF), atlet, hingga official untuk tetap dapat fokus menyiapkan diri maksimal. Kita hanya memiliki empat bulan lagi menuju Asian Games," kata Okto.

"Kita harus tetap fokus meningkatkan prestasi olahraga Indonesia di kancah Asia. Dari Asian Games Hangzhou, kita harus bersama-sama membuktikan bahwa Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi bagi pembinaan olahraga Indonesia."

Asian Games 2022 Hangzhou merupakan pesta olahraga terakbar kawasan kontinental Asia edisi ke-19. Ini merupakan kali ketiga China menjadi tuan rumah Asian Games, setelah sebelumnya penyelenggaraan berlangsung di kota Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).

Indonesia terakhir kali meraih peringkat 4 pada 2018. Saat itu, Indonesia selaku tuan rumah merebut 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

(mcy/cas)