Tekad Timnas Polo Air Indonesia Unjuk Gigi di Asian Games 2022

ADVERTISEMENT

Tekad Timnas Polo Air Indonesia Unjuk Gigi di Asian Games 2022

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 22 Jan 2022 17:20 WIB
Timnas Polo Air Indonesia
Foto: Dok. PRSI
Jakarta -

Menatap Asian Games 2022, PP PRSI memulai Seleksi Nasional polo air lebih awal. Persiapan cepat diyakini dapat membentuk Timnas yang kompetitif.

Pernyataan itu dilontarkan Ketua Umum PB PRSI Anindya Bakrie usai meninjau Seleknas polo air putra di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Sabtu (22/1/2022).

"Kami bersyukur bisa juara di SEA Games 2019 polo air putra dan kami ingin pertahankan medali emas tersebut. Saat ini, kami memulai pelatnas untuk bisa bersaing secara kompetitif di ajang Asian Games 2022 Hangzhou China," ucap Anindya Bakrie dalam rilis yang diterima detikSport.

Sebelumnya, Timnas Polo Air Indonesia mencetak medali emas untuk kali pertama di ajang SEA Games 2019 Filipina. Pencapaian ini sekaligus mematahkan dominasi Singapura yang sudah jadi juara sejak 52 tahun silam.

Sayangnya, polo air putra tak dipertandingkan di SEA Games Hanoi yang berlangsung Mei mendatang, sehingga target mempertahankan pun urung terjadi.

Tapi Indonesia masih bisa mengalahkan Singapura di Asian Games 2022, apalagi negara tersebut termasuk langganan mengikuti ajang empat tahunan tersebut.

Pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta, Singapura berhasil menempati peringkat enam, sedangkan Indonesia posisi delapan besar. Dari sejumlah pengalaman itu termasuk juara SEA Games, bukan tak mungkin Indonesia bisa kembali melewati Timnas polo air Singapura.

Peminat Seleknas Bertambah

Di tengah persiapan, Seleknas Timnas polo air putra rupanya banyak peminat. Setelah pada Kamis (20/1) diikuti 49 atlet dari 9 daerah yakni Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Papua. Kini pesertanya bertambah menjadi 54 atlet.

Hal itu pun sekaligus diapresiasi oleh Anindya Bakrie. "Itu artinya polo air diminati, senang dengan antusias tinggi yang ditunjukan para atlet polo air. Semoga dengan antusias ini bisa membuahkan prestasi," sebutnya.

Sementara itu, kiper nasional polo air, Novian Putra, terkesan dengan banyaknya peminat dari daerah yang ingin masuk Timnas. Ia pun terlecut untuk memberikan yang terbaik.

"Pertama kali seleksi nasional ramai banget dibanding tahun sebelumnya. Banyak dari berbagai daerah yang ikut sehingga saya terpancing untuk memberikan yang terbaik. Semakin banyak yang ikut (tentu) menambah persaingan, dan jadi lebih kompetitif," kata Novian.

"Seleksi ini bagus, saya dan Tim Papua berhasil meraih medali perunggu dan antusias ikut seleksi dengan harapan bisa masuk Timnas," sebut Ahmad Fauzi Mappatabe, attlet polo air dari Papua menyoal harapannya.

Seleknas polo air putra akan berlangsung hingga Minggu (22/1). Nantinya, dari 54 atlet ini akan dipilih 26 atlet untuk menjalani tes seleknas tahap dua. Adapun materi seleknas berasal dari Pelatih Milos Sakovic di Serbia dan di Jakarta dipantau langsung Komtek Polo Air PB PRSI, Dean Baldwin dan jajarannya.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT