Yuk, Tengok Seragam Indonesia di SEA Games 2021

Mercy Raya - Sport
Jumat, 29 Apr 2022 06:10 WIB
Seragam Indonesia di SEA Games 2021
Ini seragam Tim Indonesia di SEA Games 2021 (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) secara resmi meluncurkan seragam tim Indonesia untuk SEA Games 2021. Ciri khasnya adalah arsiran sayap burung Garuda.

Seremoni peluncuran dilakukan di Kantor KOI, pada Kamis (28/4/2022) yang juga dihadiri Chef de Mission Indonesia Ferry Kono, serta perwakilan empat atlet Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi), Emilia Nova (atletik), Krisda Putri Aprilia (karate), dan Riau Ega Agatha Salsabila (panahan).

Melalui keempat atlet itu dipamerkan sejumlah jersei berwarna merah dan putih untuk bertanding, sedangkan untuk sehari-hari berwarna hitam.

"Pemilihan warna kali ini tentu bersumber dari Tim Indonesia sendiri yang didominasi (warna) merah putih dan hitam dengan logo Garuda dan lima ring di dalamnya. Dengan demikian terjemahan dari desain itulah yang kemudian digunakan oleh kreatif kami untuk mendesain dengan dominasi warna merah dan putih untuk baju tanding. Sementara hitam untuk baju kontingen," kata Ferry.

"Sekaligus ini mempertegas kehadiran Tim Indonesia di SEA Games bahwa kami lebih siap dari tahun-tahun sebelumnya walaupun ini hanya extra ordinary SEA Games," sambungnya.

Sedangkan alasan menggunakan pattern sayap Garuda untuk jersei karena Garuda merupakan identitas negara dan telah menjadi simbol Tim Indonesia. "Maka kami berharap dengan filosofi, para atlet memiliki semangat juang untuk mengepakkan sayap mereka untuk melesat tinggi di SEA Games."

Jika dilihat dari jauh, pola arsiran sayap burung Garuda ini juga tampak seperti huruf V yang berarti victory atau kemenangan. Sementara, refleksi lainnya mencerminkan panah yang melesat ke atas yang menjadi tanda bahwa Tim Indonesia menginginkan loncatan prestasi tinggi.

"Perlengkapan jersei serta apparel Tim Indonesia ini juga dapat dimiliki supporter, khususnya fans olahraga di Tanah Air sehingga mereka bisa menunjukkan kebanggaan dan dukungan dengan menggunakan jersei asli yang kami jual secara resmi. Design ini menjadi khusus yang dikenakan atlet di SEA Games karena Tim Indonesia akan menggunakan jersey yang berbeda di setiap multi-event," papar Ferry.

Sebagai informasi, Li-Ning masih menjadi brand apparel Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam. Li-Ning sudah tiga tahun mendukung Tim Indonesia di multievent internasional.

Dalam acara tadi, KOI juga meresmikan "NOC Indonesia Studio" yang akan digunakan untuk memaksimalkan sosialisasi dari program-program yang telah direncanakan Lembaga nonpemerintah pimpinan Raja Sapta Oktohari ini, baik rencana kerja hingga menyebarkan semangat Olympic Movement.

"Dengan kehadiran studio in, KOI berharap sosialisasi dan kerja yang telah kami lakukan dapat lebih maksimal. Termasuk untuk mendukung perjuangan atlet-atlet Indonesia di multirvent internasional, baik regional dan kontinental agar dapat sampai dengan masif ke publik," terang Okto.

Edisi ke-31 SEA Games akan dilaksanakan pada 12-23 Mei. Kontingen Indonesia akan berpartisipasi di 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Vietnam kali terakhir jadi tuan rumah pada 2003.

(mcy/mrp)