FIA WEC: Kuasai Sesi Latihan Spa Pertama, WRT #31 Siap Tancap Gas

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 06 Mei 2022 14:50 WIB
Sean Gelael
Sean Gelael dkk. tercepat di sesi latihan bebas pertama (dok.Team WRT)
Spa -

Team WRT #31 berhasil memuncaki sesi latihan bebas jelas balapan 6 jam di Spa. Ini jadi bukti keseriusan WRT #31 meraih kemenangan perdananya musim ini.

WRT #31 pada debutnya di LMP2 FIA World Endurance Championship 2022 berhasil finis kedua di Sebring, Amerikat Serikat. WRT #31 berisikan Sean Gelael, Robin Frinjs, dan Rene Rosin.

Posisi kedua tak bikin WRT #31 puas karena mereka ingin meraih lebih di seri kedua, 6 Hours of Spa-Francorchamps, Sabtu (7/5/2022) besok. Oleh karenanya, sesi latihan bebas, Kamis (5/5) atau Jumat dini hari WIB dijadikan ajang untuk tes kemampuan mobil.

Sean dkk. langsung tancap gas di sesi latihan ini. Meski sempat tertunda 15 menit karena kesalahan teknis pencatatan waktu, WRT tidak terganggu. Frinjs keluar pertama untuk melakukan Qualifying Run dengan catatan 2 menit 05,475 detik.

Itu adalah catatan waktu tercepat yang bertahan hingga akhir sesi. Tak cuma tercepat di kelas LMP2, tapi juga di seluruh kelas pada sesi latihan bebas tersebut.

Setelah Frinjs, Rene Rast menjadi pebalap kedua yang keluar mengendarai mobil merah #31. Pebalap Jerman ini berada di trek selama 10 lap dengan waktu 2 menit 06,371 detik.

Terakhir, Sean ditugaskan melahap banyak dan melakukan race run dengan tiga stint. Stint pertama berdurasi 7 lap, lalu kedua 4 lap, dan ketiga 6 lap. Meski cuma mencatatkan waktu 2 menit 08,452 detik, tapi hal itu dianggap wajar karena merupakan simulasi lomba dengan bahan bakar penuh.

"Saya mengalami beberapa kali oversteer, tapi secara umum mobil sangat oke. Kami tidak tahu program apa yang dijalankan oleh tim-tim lain, karena kami fokus dengan performa mobil kami sendiri dan sejauh ini menjanjikan," ujar Sean Gelael dalam rilis kepada detikSport.

Lawan sengit WRT #31 adalah adalah United Autosports USA #22 yang memenangi balapan yang sama musim lalu. Berada di posisi kedua FP1, mobil bernomor 22 itu membuat waktu 2 menit 05,538 detik atau selisih 0,063 detik.

Free practice kedua dan ketiga plus babak kualifikasi dihelat Jumat, (6/5/2022) waktu setempat. Balapan disiarkan langsung oleh kanal youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com.

(mrp/aff)