FIA WEC: WRT #31 Start Kedua, Ini Strateginya untuk Lomba

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 07 Mei 2022 04:01 WIB
Sean Gelael
Sean Gelael dan Tim WRT #31 akan start dari posisi kedua pada seri Belgia (dok.Team WRT)
Spa -

Team WRT #31 bakal start dari posisi kedua pada balapan di Spa akhir pekan ini. Strategi apa yang bakal dipakai Sean Gelael dkk?

WRT #31 akan melakoni 6 Hours of Spa-Francorchamps, seri kedua dari kelas LMP2 untuk FIA World Endurance Championship (WEC) 2022. Sesi kualifikasi dilakukan, Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Sean, Robin Frinjs, dan Rene Rast seperti biasa selalu bergantian di sesi kualifikasi ini. Pada sesi pertama, Frinjs langsung melakukan Qualifying Lap dan mencatatkan wakt 2 menit 04,290 detik.

Sayangnya, catatan waktu itu dilewati Alessio Rovera dari tim AF Corse dengan selisih hanya 0,044 detik dan merebut pole position. Meski gagal pole, WRT #31 tetap menyambut hasil tersebut.

Apalagi mereka sudah menerapkan strategi terkait ban untuk perlombaan selama enam jam. Pada sesi kualifikasi, WRT hanya memasang satu ban mengingat keterbatasan stok dan regulasi.

Khusus untuk balapan 6 jam, alokasi ban Goodyear cuma berjumlah 18 ban. Itu artinya setiap tim bisa memakai empat ban baru (1 pasang) dan bakal tersisa 14 baru (3,5 pasang).

Sementara itu tim-tim lain menyisakan 10 ban baru (2,5 pasang). Namun, ban yang sudah digunakan di kualifikasi tetap bisa dioptimalkan untuk lomba, sesuai kebutuhan taktik.

Oleh karenanya, Frinjs yakin WRT bisa berbicara banyak lewat performa apik di lintasan. Sementara itu, Sean Gelael dan Rene Rast melakukan aksi serangan total yang sudah dipelajari sejak Free Practice 1.

Kedua pebalap itu bagus bukan hanya di single lap, namun juga race run alias simulasi lomba.

"Cukup senang karena kami hanya memakai satu pasang ban bersama WRT #41 dan Prema #9. Saya membuat sedikit kesalahan di tikungan terakhir, tapi tak apa-apa. P2 masih posisi yang bagus," ujar Robin Frinjs dalam rilis kepada detikSport.

Seri 6 Hours of Spa-Francorchamps disiarkan langsung di kanal youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com mulai Sabtu (7/5) pukul 18.00 WIB.

(mrp/adp)