Top! Atlet Panjat Tebing Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 07 Mei 2022 21:27 WIB
Kiromal Katibin meraih rekor dunia di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Seoul, Korea Selatan, Jumat (6/5/2022)
Kiromal Katibin (kiri) pecahkan rekor dunia speed climbing (Foto: dok.FTPI)
Seoul -

Atlet panjang tebing Indonesia Kiromal Katibin menorehkan prestasi luar biasa. Katibin baru saja memecahkan rekor dunia!

Katibin melakukannya saat mengikuti ajang Piala Dunia Panjat Tebing (Climbing World Cup IFSC) 2022 di Seoul, Korea Selatan, Jumat (6/5/2022). Katibin turun di nomor speed putra

Rekor tersebut dipecahkan Katibin saat mengikuti babak kualifikasi dengan catatan waktu 5,17 detik, unggul 0,03 detik dari rekor sebelumnya yang dipegang kompatriotnya Veddriq Leonardo di Piala Dunia Panjat Tebing 2021 di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat.

Veddriq menempati posisi kedua pada babak kualifikasi dengan catatan waktu 5,41 detik disusul atlet Indonesia lainnya Rahmad Adi Mulyono dengan 5,48 detik.

Katibin dan Veddriq akhirnya bertarung di babak final. Sayangnya, Katibin gagal menorehkan kemenangan karena dia didiskualifikasi usai mencuri start.

Alhasil, Veddriq dinyatakan sebagai pemenang sekaligus meraih medali emas ketiga di Piala Dunia Panjat Tebing nomor kecepatan. Katibin harus puas dengan medali perak disusul Rahmad dengan perunggu.

Rahmad meraih perunggu setelah mengalahkan wakil Italia Fossali. Selamat untuk Indonesia!

Demikian rilis yang diterima detikSport.

(mrp/yna)