FIA WEC: Ubah Taktik, Sean Gelael dan WRT #31 Menang di Spa

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 08 Mei 2022 06:30 WIB
SPA, BELGIUM - 7 MAY: The #31 WRT Oreca 07 - Gibson of Robin Frijns, Sean Gelael, and Rene Rast in action at the 6 Hours of Spa World Endurance Championship race on May 7, 2022 at Spa-Francorchamps, Belgium. (Photo by James Moy Photography/Getty Images)
Sean Gelael finis pertama di seri kedua WEC 2022 ( Getty Images/James Moy Photography)
Spa -

Sean Gelael dan Team WRT #31 sukses memenangi seri FIA World Endurance Championship 2022 di Belgia. Modifikasi taktik jadi kunci kemenangan Sean.

WRT #31 pada sesi kualifikasi kemarin menempati posisi kedua pada kelas LMP2 di 6 Hours of Spa-Francorchamps, Sabtu (7/5/2022) malam WIB. Untuk itulah Sean, Robin Frinjs, dan Rene Rast bekerja ekstra keras untuk bisa membuat strategi yang oke.

Awalnya, Sean turun duluan disusul Frinjs, lalu Rast, dan diakhiri dengan Frinjs. Namun, hujan mengguyur sehingga membuat lintasan sirkuit menjadi basah. Alhasil, tim pun mengubah taktik dengan Sean membuka balapan lalu dijalani Frinjs selama dua kali, dan ditutup Rast.

Jadi pebalap WRT #31 yang turun pertama kali, Sean mendapat ujian dari lawan-lawannya yang bermain menyerang. Dia bertarung dengan ketat dengan driver Prema #9 Lorenzo Colombo.

Selama lebih dari 20 menit Sean berhasil dengan baik menahan serangan bertubi-tubi dari pebalap Italia itu. Setelah Sean beraksi, balapan terpaksa dihentikan karena ada pebalap tim ARC Bratislava, Miroslav Konopka, melintir dan menabrak tembok.

Selain itu, dikhawatirkan hujan lebat akan mengganggu pandangan saat balapan. Selama satu jam Safety Car akhirnya mengizinkan balapan dihelat lagi. Ketika LMP2 dimulai lagi. Frinjs langsung tancap gas saat menggantikan Sean.

Frinjs benar-benar menguasail lintasan basah dan mampu unggul 2-5 detik dari mobil hypercard. Setelah lintasan mengering giliran Rast yang mengemudikannya hingga akhirnya WRT #31 menang.

"Balapan yang luar biasa, taktik yang bagus dari tim. Saya langsung ada di P2 dan tak mudah bertarung dengan Prema. Tim telah bekerja keras sebelum balapan ini dan mereka layak mendapatkan finis 1-2," papar Sean dalam rilis kepada detikSport.

Sementara itu Frins menyambut gembira hasil ini karena dia justru gagal finis pada balapan Belgia tahun lalu. Dia mengaku hujan mendatangkannya.

"Setelah kekecewaan tahun lalu saya rasa ini bayaran yang setimpal, tim finis 1-2. Balapan itu sendiri penuh drama, banyak red flag. Saat hujan saya diuntungkan posisi karena tak ada cipratan air dari depan," paparnya.

"Senang sekali, karena tim bekerja dengan baik dalam hal strategi. Sekarang kami memimpin klasemen dan itu modal bagus untuk sisa musim ke depan," timpal Rast.

Berkat kemenangan ini, WRT #31 memang memimpin klasemen sementara tim dan pebalap. Seri berikut FIA WEC digelar di Le Mans, bertajuk 24 Hours of Le Mans, 11-12 Juni.

Hasil Kelas LMP2
1. Team WRT #31
2. Realteam by WRT #41
3. JOTA #38

Klasemen Sementara LMP2
1. Team WRT #31 - 52 poin
2. United Autosports #23 - 46
3. Realteam by WRT #41 - 41

(mrp/ran)